Sepanjang 2019, Polres Lotim Tangkap 79 Pelaku 3C - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 02 Desember 2019

Sepanjang 2019, Polres Lotim Tangkap 79 Pelaku 3C

Sepanjang 2019, Polres Lotim Tangkap 79 Pelaku 3C

Pelaku curat curas dan curanmor lotim

OPSINTB.com - Di penghujung tahun 2019, Polres Lombok Timur (Lotim) gelar Konfrensi Pers di Lapangan Apel Mapolres Lotim, Senin 02/12/2019.

Konfrensi pers dipimpin langsung oleh Kapolres Lotim, AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK didampingi Waka Polres Lotim, Kompol Bayu Eko Panduwinoto dan Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP I Made Yogi Purusa Utama.

Konfrensi Pers digelar untuk memaparkan sejumlah kasus Curat, Curas dan Curanmor (3C) yang berhasil diungkap sepanjang tahun 2019.

Kapolres Lombok Timur, AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK mengatakan, jumlah pelaku yang berhasil diamankan hingga penghujung tahun ini sebanyak 79 pelaku. 18 pelaku ditahan di Polres Lotim, 3 dilimpahkan dari Paramitha ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lotim karena pelaku masih di bawah umur. Dan 58 pelaku dilimpahkan ke Kejari Lotim sudah dalam proses tahap II.

Sementara jumlah barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak 94 unit kendaraan. Kendaraan roda dua 82 unit, kendaraan roda empat 10 unit, dan kendaraan roda enam sebanyak 2 unit. Barang bukti elektronik, 2 unit laptop dan 10 unit telepon genggam. Termasuk 6 unit mesin kapal kecil.

Selain itu Polisi juga berhasil amankan puluhan barang bukti, alat yang digunakan pelaku untuk memuluskan aksinya seperti parang, tas, kunci later T dan senter.

Dari seluruh tersangka, kata Winarta, beberapa di antaranya merupakan residivis. Dan sekitar 50 persen merupakan kejahatan berantai yakni mencuri motor/mobil dan hasil curian digunakan membeli narkoba.

Kata Winarta, untuk tahun 2019 kasus 3C mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, Polres Lotim terus berupaya menekan angka kriminal guna memberi kenyamanan dan keamanan pada masyarakat khususnya di wilayah hukum Lotim.

Untuk mencegah kasus 3C, terang Winatra, Polisi tetap melakukan upaya rutin dan upaya khusus. Membuat satgas yang dibagi di beberapa titik dengan pola patroli dan razia hingga kerjasama dengan masyarakat.

"Deng pola tersebut kejahatan di Lotim jauh menurun. Tapi yang patut kita waspadai adanya pelaku baru yang direkrut melalui narkoba dan sistim lainnya," kata Winarta. "Hingga saat ini beberapa pelaku dan penadah masih dalam pengejaran Polisi," lanjutnya.

Selanjutnya, acara Konfernsi Pers ditutu dengan penyerahan barang buktik kendaraan roda empat dan dua kepada pemiliknya secara simbolis. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama