Tips Agar Terhindar dari Kemacetan Jalan Raya Saat Acara Nyongkolan - OPSINTB.com | News References -->

Wednesday, November 20, 2019

Tips Agar Terhindar dari Kemacetan Jalan Raya Saat Acara Nyongkolan

Tips Agar Terhindar dari Kemacetan Jalan Raya Saat Acara Nyongkolan

Nyongkolan tradisi suku sasak lombok

OPSINTB.com - Nyongkolan adalah tradisi masyarakat suku Sasak (Lombok). Tradisi Nyongkolan merupakan kegiatan untuk merayakan pernikahan masyarakat suku Sasak. Kegiatan ini dilakukan dengan cara arak-arakan di jalan raya untuk mengantar sepasang pengantin ke rumah pengantin wanita. Arak-arakan diiringi keluarga, kerabat dan sahabat hingga mencapai puluhan bahkan ratusan orang. Tak hanya itu, Nyongkolan juga diiringi musik tradisional Lombok yakni Gendang Beleq atau musik moderen Kecimol.

Maka tak heran saat acara Nyongkolan jalan raya macet total. Meski diawasi Polisi, kemacetan/antrean kendaraan sangat sulit terurai. Tak tanggung-tanggung, kemacetan bisa mencapai ratusan meter bahkan berkilo-kilo meter.

Momen itu kerap kali membuat pengendara merasa jenuh, bosan bahkan tak jarang yang marah-marah. Terutama bagi pengendara roda empat.

Nah, bagi anda yang ingin terhindar dari kemacetan jalan raya saat Nyongkolan, berikut kami berikan beberapa tipsnya.

Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa Nyongkolan dilakukan pada sore hari sekitar pukul 16:00 Wita hingga selesai pada pukul 18:00 Wita.

Bagi anda yang ingin berkendara usahakan hindari waktu atau jam di atas, terutama di jalan raya nasional dan provinsi. Salah satu contohnya di Jalan Raya Mataram - Sikur.

Selanjutnya, acara Nyongkolan paling sering dilakukan pada hari Minggu. Jika anda berkendara pada hari Minggu dapat dipastikan akan terperangkap kemacetan imbas Nyongkolan.

Jadi, bagi pengendara terutama pengguna roda empat, anda bisa memilih jam atau hari berbeda agar terhindar dari kemacetan.

Namun jika anda tidak punya pilihan kecuali pada jam atau hari di atas, solusinya anda bisa menggunakan roda dua. Meski ini tidak akan menjamin anda bisa terbebas dari kemacetan jalan raya. Tapi menggunakan roda dua setidaknya anda bisa menyusuri gang-gang atau memilih celah-celah sempit di antara kendaraan lainnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama