Jaga Marwah Kewartawanan, FWMO Lotim Gelar Pembekalan Wartawan Media Online - OPSINTB.com | News References -->

Saturday, November 16, 2019

Jaga Marwah Kewartawanan, FWMO Lotim Gelar Pembekalan Wartawan Media Online

Jaga Marwah Kewartawanan, FWMO Lotim Gelar Pembekalan Wartawan Media Online

Pembekalan wartawan media online lotim

OPSINTB.com - Forum Wartawan Media Online (FWMO) Lombok Timur (Lotim) menggelar pembekalan kepada wartawan media online Lotim, Sabtu 16/11/2019.

Pembekalan dengan tema Menjaga Kode Etik Jurnalistik dan Marwah Kewartawanan itu dihadiri Kadis Kominfo Lotim Ahmad Masfu, Ketua PWI NTB H Nasrudin, Perwakilan PWI Lotim, wartawan senior, ketua FWMO Lotim dan seluruh wartawan online Lotim.

Dalam sambutannya, Ketua FWMO Lotim, Syamsul Rizal mengatakan, kegiatan bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar wartawan. Lebih penting, kata Rizal, kegiatan pembekalan dilakukan agar wartawan bisa mengedepankan dan menjaga kode etik jurnalistik dalam tugas peliputan di lapangan.

"Melihat fenomena di lapangan masih banyak rekan kita yang menjalankan tugas mereka tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik, sebagaimana diatur dalam UU Pokok Pers nomer 40 Tahun 1999," paparnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Lotim, Ahmad Masfu dalam sambutannya menyampaikan, wartawan Lotim diyakini sudah menjalankan tugas jurnalistik dengan mengacu pada kode etik. Namun ia menekankan agar kegiatan tersebut dimanfaatkan wartawan menggali ilmu untuk meningkatkan kapasitas keilmuan wartawan.

"Ada sebuah kaidah yang harus kita jalankan dalam memberikan informasi pada masyarakat yaitu kaidah keilmuan," katanya.

Lanjut Masfu, kegiatan pembekalan wartawan juga dianggap sangat penting. Sebab wartawan sebagai pilar ke empat dalam demokrasi. Peran wartawan diperlukan untuk menjaga sistem demokrasi tetap berjalan.

"Ada tiga pilar dalam Kenegaraan yakni Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Ketika tiga pilar tersebut bermasalah maka pers menjadi pilar ke empat," terangnya.

Menutup sambutannya, Masfu berharap dengan adanya pembekalan tersebut wartawan khususnya di Lotim bisa menjalankan tugas di lapanngan dengan lebih baik. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama