Unik, Budaya Tradisional Lombok 'Jaran Ponggoq' Mampu Melawan Zaman - OPSINTB.com | News References -->

Sabtu, 19 Oktober 2019

Unik, Budaya Tradisional Lombok 'Jaran Ponggoq' Mampu Melawan Zaman

Unik, Budaya Tradisional Lombok 'Jaran Ponggoq' Mampu Melawan Zaman


OPSINTB.com - Siapa yang tak kenal Lombok. Pulau kecil atau Pulau Seribu Masjid ini dikenal dengan hamparan wisata indahnya. Mulai dari wisata pantai, air terjun hingga pegunungan. Tak ketinggalan, Lombok juga dikenal dengan budaya tradisonalnya yang unik hingga mampu menyedot ribuan bahkan jutaan wisatawan domestik dan internasional setiap tahunnya.

Maka tak heran Lombok kerap kali masuk daftar wisata populer oleh media mainstream nasional dan mancanegara.

Perihal budaya, di Lombok ada salah satu budaya tradisional warisan leluhur namun masih eksis hingga zaman milenial saat ini. Ya, masyarakat setempat biasa menyebutnya Jaran Ponggoq. Jaran Ponggoq digunakan sebagai hiburan anak-anak menjelang disunat/dikhitan. Anak diarak menggunakan jaran Pinggok keliling kampung diiringi musik tradisional Lombok yakni Rudat.

TONTON VIDEO

Tak hanya itu, Jaran Ponggoq juga biasa digunakan untuk membawa sepasang pengantin baru menuju rumah mertua. Di Lombok dinamakan budaya Nyonkolan. Selain memiliki nilai sakral, Jaran Ponggoq juga mampu menghibur masyarakat bahkan wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Maka tak heran Jaran Ponggok masih populer hingga saat ini. (nis)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama