Kadis PMD Lotim Dorong Desa Lebih Mandiri - OPSINTB.com | News References -->

Monday, July 8, 2019

Kadis PMD Lotim Dorong Desa Lebih Mandiri

Kadis PMD Lotim Dorong Desa Lebih Mandiri


OPSINTB.com - Program Inovasi Desa mendorong Desa di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) untuk mengembangkan potensi dan kemandirian desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lotim, M Juaini Taufik, memaparkan beberapa hal tentang kondisi desa, terutama kaitannya dengan sumber daya yang dimiliki desa masing-masing.

Taufik menyebutkan, seluruh desa di kabupaten Lotim belum ada yang sudah menjadi desa mandiri. Ada beberapa faktor dan indikator yang membuat desa belum bisa mencapai kemandirian.

"Dari sekian desa yang ada hanya beberapa Desa yang tergolong maju namun belum bisa mandiri sebab desa-desa ini masih bertumpu pada Dana Desa transfer dari pemerintah pusat dan bergantung pada Alokasi Dana Desa.” ucap Taufik saat acara Bursa Inovasi Desa di Lungkak kecamatan Keruak, Senin, 08/07/2019.

Peserta sosialisai pada acara Bursa Inovasi Desa

Pada kesempatan tersebut, atas nama bupati Lotim, Taufik menyampaikan minimal 20 Desa setiap tahun harus mengalami perkembangan yang maju. Sebab dari anggaran yang diterima desa, benar-benar dimanfaatkan dengan baik dalam rangka mempercepat pembangunan dari semua sektor yang dimiliki desa itu sendiri.

Lebih lanjut dikatakan Taufik, untuk membuat sebuah inovasi menjadi sebuah produk yang berkualitas, tentunya harus dengan komitmen yang kuat bersama semua unsur masyarakat melalui musyawarah yang dilaksanakan di desa dan melakukan kerjasama antar desa setempat.

“Misalnya meskipun lokasi pengelolaan sumber mata air di desa A namun bersebelahan dengan desa B seharusnya antar desa ini mampu melakukan kerjasama minimal soal keamanan dapat terjaga lah," paparnya.

Jadi untuk mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat hanya Bumdes menjadi harapan. Karena tujuan Bumdes hanya membuat usaha dan menciptakan lapangan kerja.

Bumdes juga tidak boleh membangun usaha yang sudah ada yang sedang di jalankan masyarakat karena akan berdampak buruk memakan masyarakatnya sendiri.

"Bumdes hadir di tengah-tengah masyarakat untuk kesejahteraannya bukan malah datang seperti kanibal," jelas Taufik.

Untuk itu melalui kegiatan ini Pemerintah Lotim bersama Tim Inovasi Desa Kabupaten, Pendamping Desa beserta semua unsur terkait agar memanfaatkan momen ini untuk menjadikannya sebuah ajang silaturrahim antar desa.

Ini juga penting untuk membangun ide atau bertukar solusi pada masing masing program inovasi yang sedang di jalankan. "Sehingga ke depan kita dapat mewujudkan Desa yang Mandiri dan Sejahtera," tutup Taufik. (rji)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama