Bantuan 25 M, RS Lombok Hospital Mulai Dibangun - OPSINTB.com | News References -->

Thursday, July 11, 2019

Bantuan 25 M, RS Lombok Hospital Mulai Dibangun

Bantuan 25 M, RS Lombok Hospital Mulai Dibangun

OPSINTB.com - Rumah Sakit (RS) Lombok Hospital yang digagas Dewan Masyarakat Sehat (DMS) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) bersama Pemerintah Daerah Lotim mulai dibangun. Prosesi peletakan batu pertamanya dilaksanakan pada Rabu 10 Juli 2019 di Lapangan Umum Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya yang telah diplot sebagai lokasi pembangunan rumah sakit tersebut.

Peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi SJ, didampingi kepala dinas Kesehatan dan beberapa pejabat di Lotim.

Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi (tengah), saat akan melakukan prosesi peletakan batu pertama RS Lombok Hospital

Pembangunan Lombok Hospital tersebut merupakan bantuan dari Vlok Foundation Holland asal Belanda, mengikutsertakan beberapa yayasan amal lainnya dari Negeri Kincir Angin itu. Bantuan yang diperoleh sebesar 25 Milyar tersebut diperuntukkan hanya untuk pendirian bangunan. Sementara pengadaan alat kesehatan serta sumber daya manusia akan dibebankan kepada Pemerintah Daerah Lotim maupun pihak terkait lainnya.

Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi, menyampaikan apresiasi yang mendalam atas prakarsa DMS dan Vlok Foundation Holland yang telah menghadirkan fasilitas kesehatan di Lotim.

"Bantuan besar ini menjadi suatu  yang sangat berharga di tengah keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah," ujarnya.

Lanjut Rumaksi, pembangunan RS ini sejalan dengan misi yang ingin diwujudkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lotim yang ingin semakin memudahkan dan mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat Lotim yang jumlahnya terbanyak dari penduduk kabupaten/kota lainnya di Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, perwakilan dari Vlok Foundation Holland, Siti Nurul Hijjah, menyampaikan sambutan tertulis dari Pimpinan Vlok Foundation Holland. Ia mengaku merasa bangga telah mampu memberikan sumbangsih bagi Lombok Timur melalui bantuan pembangunan rumah sakit yang menurutnya berlokasi di tempat yang sangat strategis dan mudah diakses masyarakat dari berbagai arah.

Disampaikannya bahwa design rumah sakit Lombok Hospital ini sempat mengalami perubahan. Seiring perubahan itu, anggaran yang dialokasikan pun ikut berubah dengan adanya penambahan dan pembangunannya akan dilakukan secara bertahap.

Sementara ketua DMS Lotim, Dedi Supriadi, bersama para pengurus lainnya mengucapkan rasa syukur atas dimulainya pembangunan Lombok Hospital tersebut. Dedi mengaku sangat bangga dengan kehadiran wakil Bupati Lotim, H Rumaksi, meski sudah cuti karena dalam beberapa hari ini akan berangkat menunaikan  ibadah haji. Namun beliau menyempatkan diri untuk menghadiri peletakan batu pertama tersebut.

"Kami selaku pengurus DMS mengucapkan terimakasih  kepada ayahanda , H Rumaksi. Do'a kami menyertai semoga beliau sehat selalu. Semoga beliau beserta isteri mendapatkan haji yang mabrur," tutup Dedi. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama