Bupati Dompu HBY, Berbicara Tentang Komunikasi Kepada anak - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 08 Mei 2019

Bupati Dompu HBY, Berbicara Tentang Komunikasi Kepada anak

Bupati Dompu HBY, Berbicara Tentang Komunikasi Kepada anak

Bupati Dompu, Drs, H Bambang M Yasin (HBY), menilai bahwa peran orang tua dalam mengawasi perilaku anak masih sangat jauh dari yang diharapkan dimana fakta yang terlihat, sejumlah anak usia sekolah banyak berkeliaran hingga jam malam. Kondisi ini disebut Bupati HBY sebagai indikasi rendahnya komunikasi antara orang tua dengan anak – anak di rumah.

“Akibatnya banyak anak – anak yang salah pergaulan sehingga menemukan teman di luar rumah   yang ternyata adalah pengguna minuman keras dan narkotika”, tegas HBY saat sambutannya pada pelaksanaan upacara bendera dalam rangka Hari Otonomi Daerah ke 23 yang dirangkaikan dengan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat di lapangan Bola Karijawa, Kamis 02/05/2019.

Pada kesempatan tersebut Bupati HBY mengajak seluruh elemen baik guru maupun orang tua untuk berperan positif dalam pembentukan karakter dan mental sang anak. Katanya, waktu terbanyak bagi seorang anak untuk mengenyam pendidikan terbaiknya adalah di rumah bersama orang tua serta ditambah oleh kondisi lingkungan sekitar. Selain itu katanya, guru juga memegang peran sangat fital, akan tetapi waktu yang dimiliki guru untuk mendidik anak – anak juga sangat sempit yakni, hanya sebatas selama anak – anak berada di lingkungan Sekolah.

Menurut HBY, saat ini sudah cukup banyak anak yang harus berhadapan dengan persoalan hukum menjadi pelaku dan korban akibat salah pergaulan, seperti kasus pemanahan yang menelan korban meninggal dunia. Hal ini adalah karena tersumbatnya komunikasi yang baik antara orang tua dan sang anak. Orang tua jarang memberi ruang komunikasi dengan anak – anak di rumah bahkan orang tua tidak peduli dengan siapa teman main anaknya.

“Apa yang terjadi selanjutnya, orang tua mencari anak mereka justeru ketika anak – anak berada di ruang tahanan Polisi karena tersangkut masalah hukum. Sebelumnya orang tua tidak pernah mencari anaknya meski pulangnya sudah larut”, urai HBY.

Pada sambutan di upacara tersebut, Bupati HBY member isyarat kepada seluruh aparatur sipil Negara (ASN) untuk bersikap bijak dalam menerima dan menyebar informasi. Setidaknya para ASN bisa terlebih dahulu mencari kepastian tentang kebenaran informasi yang diterima sebelum diedarkan. “Jangan sampai kita ikut menyebarkan berbagai bentuk berita bohong yang ujungnya menabur kebencian. Jangan sampai kita meresahkan masyarakat banyak”, tegas Bupati.

Editoral opsintb.com
Sumber : MATITINEWS.com, 03/05/2019
Penulis : Rasya

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama