Wabup Nursiah: Desa definitif bertambah, potensi pemekaran kecamatan terbuka - OPSINTB.com | News References -->

21/06/24

Wabup Nursiah: Desa definitif bertambah, potensi pemekaran kecamatan terbuka

Wabup Nursiah: Desa definitif bertambah, potensi pemekaran kecamatan terbuka

 
Pemekaran desa di lombok tengah

OPSINTB.com - Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng), HM Nursiah menerangkan, bertambahnya jumlah desa berpotensi akan menambah atau terjadi pemekaran kecamatan. Politisi Golkar ini menilai, beberapa kecamatan memang berpotensi untuk mekar mengingat wilayah kecamatan tersebut sangat luas. 


''Ya beberapa kecamatan cukup layak untuk dimekarkan,'' kata Nursiah pada wartawan di Gedung DPRD Loteng, Kamis (20/6/2024).


Adapun beberapa kecamatan yang berpotensi untuk dimekarkan antara lain; Kecamatan Kopang, Praya, dan Pujut. Kedua kecamatan tersebut, jelas Nursiah, saat ini memiliki wilayah yang luas dan terdiri atas banyak desa maupun kelurahan. 


''Contoh Kopang, Praya, dan Pujut. Potensi memungkinkan, karena wilayahnya luas,'' jelasnya. 


Akan tetapi, ucap Nursiah, proses pemekaran kecamatan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses yang harus dilakukan. ''Kita butuh proses dulu. Ada peraturan dari para ahlinya; baru mengatakan layak mekar,'' ujar Nursiah. 


Lebih lanjut, ia menyatakan proses pemekaran kecamatan bisa terjadi di periode berikutnya. Saat ini, di Loteng terdapat 12 kecamatan dan terdiri atas 156 desa.


''Proses, mekanisme sudah kita lakukan. Dan proses di DPRD tadi sudah disebutkan. Artinya walaupun ada perorangan atau sekelompok yang memiliki aspirasi berbeda, kita akan jawab,'' pungkas mantan Sekda Loteng ini. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama