Dishub Loteng himbau semua OPD segera uji KIR kendaraan dinas - OPSINTB.com | News References -->

05/06/24

Dishub Loteng himbau semua OPD segera uji KIR kendaraan dinas

Dishub Loteng himbau semua OPD segera uji KIR kendaraan dinas

 
Dishub loteng kir kendaraan

OPSINTB.com - Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dinas Perhubungan Lombok Tengah (Loteng), Rocky Rohmana Afwa, mengimbau semua OPD Loteng yang memiliki kendaraan dinas untuk segera melakukan uji kendaraan bermotor (KIR). 


Saat ini, kata dia, terdapat banyak kendaraan dinas Loteng yang masih belum melakukan, padahal tahun ini uji KIR tidak dipungut biaya.


''Dari Januari lalu, kami sudah mengimbau semua OPD yang memiliki kendaraan-kendaraan yang wajib uji untuk melakukan uji KIR,'' kata Rocky di Kantor Bupati Loteng, Selasa (4/6/2024).


Rocky berujar, uji KIR sangat dibutuhkan semua kendaraan dinas untuk mengetahui; apakah kendaraan tersebut masih laik jalan atau tidak. Selain itu, uji KIR juga bisa dimanfaatkan oleh setiap OPD untuk mengajukan perbaikan kendaraan.


''Contohnya kemarin ada kendaraan dinas Protokol yang sudah sangat parah rusaknya, namun dengan uji KIR tersebut mereka bisa melakukan usulan perbaikan,'' ujar Rocky. 


Kata Rocky, tidak semua jenis kendaraan dinas bisa melakukan uji KIR. Ada jenis kendaraan tertentu yang wajib uji KIR, seperti pikap, truk, dan bus. Ia merinci; dari Januari-Mei 2024, tercatat baru 14 kendaraan dinas yang sudah uji KIR. 


''Sampai hari ini (kemarin, red) kami buat data kolektifnya, belum semuanya nge-KIR. Karena kesibukan mungkin,'' kata dia. 


Sebagai penanda, Rocky menjelaskan, kendaraan dinas yang sudah melakukan uji KIR akan ditempeli barcode. Ia tidak menginginkan kendaraan dinas pemda yang seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat malah tidak memberikan contoh yang tidak baik.


''Salah satu persyaratannya adalah lulus uji KIR untuk laik jalan. Jangan sampai kendaraan pemda ini tidak mencontohkan,'' jelasnya.


Ia berharap semua kendaraan dinas OPD Loteng untuk melakukan uji KIR. Hal itu untuk mengetahui sejauh mana kendaraan tersebut bisa laik untuk dipergunakan.


''Ya memang untuk keselamatan. Memang faktor keselamatan di jalan itu salah satu syarat adalah lulus uji KIR,'' pungkas Rocky. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama