Wabup Nursiah buka SPBE lingkup Pemkab Loteng - OPSINTB.com | News References -->

01/05/24

Wabup Nursiah buka SPBE lingkup Pemkab Loteng

Wabup Nursiah buka SPBE lingkup Pemkab Loteng

 
Wabup nursiah

OPSINTB.com - Wabup Loteng, HM Nursiah membuka sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) lingkup Pemkab Loteng di Swiss Belcourt Hotel, Selasa (30/4/2024).


Dalam sambutannya, Nursiah menyatakan, SPBE merupakan sebuah kebijakan untuk menghasilkan program dan kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kualitas layanan publik.

Penguatan SPBE dapat meningkatkan tranparansi. Dengan begitu masyarakat tidak akan banyak bertanya tentang agenda dan kegiatan pemerintah.


''Pembangunan jalan misalnya, sangat penting untuk publikasi data, proses perencanaan sampai proses akhir, sehingga menjadi output berupa jalan untuk dipublikasikan secara transparan. Kalau rangkaian proses penyusunan program itu disampaikan secara terbuka, transparan, disampaikan secara utuh, maka masyarakat tidak akan banyak bertanya-tanya,'' ujar Nursiah. 


Kedepan, lanjutnya, SPBE harus mampu menghubungkan langsung kebutuhan masyarakat baik di sektor UMKM, pertanian, perikanan, koperasi dan lainnya. Melalui sistem ini akan mempermudah masyarakat dalam melihat kecenderungan pasar. 


''Maka SPBE sangat menentukan bagi kemajuan daerah,'' ucapnya. 


Kadis Kominfo Loteng, H Muhammad, menjelaskan SPBE dapat mendorong dan mengatur penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek pemerintahan di seluruh tingkat, baik pemerintah pusat maupun daerah dengan harapan proses pelayanan publik dan pengelolaan administrasi pemerintah dapat lebih efisien, transparan, dan akuntabel. 


''Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi SPBE ini dalam implementasi penerapannya di daerah,'' jelasnya. 


Saat ini, katanya, Diskominfo Loteng sedang menyiapkan konsep penyusunan arsitektur SPBE Kabupaten Loteng. Dasar hukum pelaksanaan SPBE adalah Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE. Perbup Loteng Nomor 20 tahun 2022 tentang SPBE di Pemda Loteng. 


''Tujuan kegiatannya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penerapan SPBE serta memperbaiki implementasinya di lingkup Pemkab Loteng,'' katanya. 


Sementara itu, Analis Kebijakan Muda pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, KemenPAN-RB, Hj Munawwarah, menyebut KemenPAN-RB mendorong Pemkab Loteng untuk bisa menyelesaikan arsitektur SPBE. 


Hal demikian akan menjadikan seluruh OPD dapat memiliki pedoman untuk dapat melaksanakan SPBE dengan baik. Sejauh ini progres SPBE di Loteng memperlihatkan progres ke arah positif. Hal ini terlihat dari nilai indeks SPBE Loteng yang selalu meningkat setiap tahun. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama