Ribuan jamaah haji dari Lotim akan dibrangkat tahun ini - OPSINTB.com | News References -->

02/05/24

Ribuan jamaah haji dari Lotim akan dibrangkat tahun ini

Ribuan jamaah haji dari Lotim akan dibrangkat tahun ini

 
Jamaah haji lotim

OPSINTB.com - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur menyebut, total kuota haji di tahun 2024 saat ini berjumlah 1.143 yang sebelumnya 1.116 orang.


"Dari data total kuota haji di tahun ini berjumlah 1.143 termasuk dari tenaga Kesehatan," ucap Plt Kepala Kemenag Lotim,  H Shulhi, Kamis (2/05/2024).


Jemaah haji nanti akan dibagi ke dalam 5 kloter pemberangkatan. Yakni 2 rombongan reguler dan 3 lainnya adalah campuran, yakni dengan jamaah di wilayah NTB.


Ia berpesan kepada semua jemaah agar menjaga tiga hal penting selama pelaksanaan Ibadah Haji. Pertama, harus memahami apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan yang akan dilakukan selama pelaksanaan rukun islam yang ke lima itu. Baik  syarat, rukun, terlebih yang wajib. 


"Selanjutnya yaang kedua jamaah haji yang akan berangkat harus menjaga kesiapan mentalnya. Dan ketiga jamaah haji diharapkan tetap menjaga stamina atau kesehatannya," pesannya.


Senada Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, H Makinuddin mengatakan, dari jumlahnya 1.116 jemaah, tetapi sekarang dengan selesainya pelunasan di tahap kedua, total yang berangkat 1.143 orang.


Pantauan Kemenag, kata dia, kondisi fisik calon jamaah haji masih terlihat sehat dan siap untuk diberangkatkan ke tanah suci. Komponen itu disebutnya merupakan satu dari tiga syarat istito'ah dalam melaksanakan ibadah haji setelah pengetahuan dan ekonomi.


"Karena jamaah yang diutamakan adalah istito'ahnya dan Alhamdulillah sampai dengan saat ini masih belum ada yang sakit. Mudah mudahan hingga kepulangannya nanti semuanya tetap dalam keadaan sehat wal afiat semua," imbuhnya.


Sesuai jadwal pemberangkatan yang sudah ditetapkan, kloter dari Lotim akan dilepas pada 15 Mei mendatang oleh Pj Bupati Lotim, HM Juani Taofik di Masjid Al Mujahidin Selong. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama