Realisasi pajak Lombok Tengah 2023 meningkat pesat dari tahun sebelumnya - OPSINTB.com | News References -->

10/05/24

Realisasi pajak Lombok Tengah 2023 meningkat pesat dari tahun sebelumnya

Realisasi pajak Lombok Tengah 2023 meningkat pesat dari tahun sebelumnya

 
Realisasi pajak loteng 2023

OPSINTB.com - Realisasi pajak daerah Kabupaten Lombok Tengah dari hiburan, hotel, dan restoran pada 2023 meningkat pesat dari tahun sebelumnya. Di 2022, secara pajak daerah realisasinya mencapai Rp 117 miliar. Sedangkan di 2023 realisasinya mencapai Rp 147 miliar.


Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Tengah, Bq Aluh Windayu dalam Acara Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak dan Retribusi Daerah di Ballroom Kantor Bupati Lombok Tengah, Rabu (8/5/2024). 


Bq Aluh merinci, pajak dari hotel di 2022 angkanya mencapai Rp 15 miliar dan di 2023 angkanya mencapai Rp 31 miliar. Selanjutnya restoran di 2022 angkanya mencapai Rp 14 miliar dan di 2023 mencapai Rp 26 miliar. 


''Insyaalloh di 2024 ini mudah-mudahan dengan banyaknya inovasi yang dilakukan dan juga bagaimana pendekatan kepada wajib pajak, mudah-mudahan realisasi 2024 ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya,'' kata Bq Aluh Windayu.


Bq Aluh juga menjabarkan beberapa program prioritas Bapenda di 2024. Untuk bulan depan pihaknya akan mulai melakukan sensus pajak daerah atau tepatnya pemutakhiran database pajak daerah terutama hotel dan restoran. 


''Kepada pemilik hotel dan restoran mohon untuk menerima petugas kami untuk mendata potensi-potensi pajak daerah, sehingga kami Bapenda selaku tim anggaran pemerintah daerah ketika akan menghitung pendapatan di tahun anggaran berikutnya sudah bisa berhitung secara pasti,'' imbuhnya.


Selain itu, lanjutnya, di beberapa kesempatan pihaknya sudah melakukan serangkaian pengawasan pajak di beberapa tempat. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak terkait sudah ditunaikan secara tepat jumlah angka dan waktu oleh para wajib pajak. 


''Ini untuk Lombok Tengah lebih baik lagi ke depannya,'' pungkas Bq Aluh. 


Acara sosialisasi ini mengundang pengusaha hotel dan restoran se-Kabupaten Lombok Tengah. Dengan harapan para wajib pajak sadar bahwa pajak adalah untuk kemajuan daerah. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama