Pojok Jurnalis, FJLT gandeng Bank NTB Syariah memperkuat literasi perbankan - OPSINTB.com | News References -->

14/05/24

Pojok Jurnalis, FJLT gandeng Bank NTB Syariah memperkuat literasi perbankan

Pojok Jurnalis, FJLT gandeng Bank NTB Syariah memperkuat literasi perbankan

 
Fjlt pojok jurnalis

OPSINTB.com - Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) kembali gelar Pojok Jurnalis. Kali ini organisasi insan pers itu gandeng Bank NTB Syariah, dengan tema sosialisasi literasi keuangan syariah yang bertempat di Disini Coffee Space Pancor, Selasa (14/05/2024).


Kegiatan itu dihadiri oleh Branch Manager Selong, Kasry A Rachman, Branch Manager Masbagik, Ahmad Rizqon Sani.


Branch Manager Selong, Kasry A Rachman, mengatakan, perbedaan utama transaksi Bank Syariah berada pada objek akad. Sedangkan bank konvensional terletak pada pinjaman.


"Perbedaannya pada objeknya," terangnya di depan awak media.


Dirinya membedakan antara kedua bank tersebut dengan membeli ayam di pasar. Dengan harga yang sama, kata dia, bedanya ada diproses secara islami atau tidak.


Dia menjelaskan, jika ingin membeli mobil seharga Rp300 juta, di bank konvensional bakal diberikan uang langsung serta ditentukan membayar margin atau bunga Rp. 50 juta selama sekian bulan. 


Namun pada bank Syariah, pembeli akan menjadi perwakilan bank untuk membeli mobil tersebut. Transaksi itu dihitung sejak terjadinya akad antar bank dan nasabah.


"Kalau di bank syariah, bisa bank yang langsung membelikan mobilnya, lalu dilakukan akad dengan nasabah untuk membayar Rp300 juta sekian sebagai keuntungan bank untuk membiayai operasionalnya dari kegiatan jual beli tersebut,” kata Kasry.


Dia membeberkan, sejumlah pelayanan yang tersedia di Bank NTB Syariah. Mulai dari penyediaan modal (fund), pembiayaan (finance), hingga layanan jasa (service) dengan mengacu pada hukum syariah Islam sehingga terhindar dari riba bunga.


“Aktivitas kami pun selalu dipantau oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Dewan Syariah Nasional (DSN),” ucapnya di hadapan puluhan anggota FJLT.


Senada, Ahmad Rizqon Sani, mengatakan, program bank NTB Syariah dengan konvensional sama. Yang membedakan ialah objek pada akad. 


Dia mengatakan, saat ini Bank NTB Syariah sudah memiliki aplikasi mobile banking dan sekaligus menjadi bank penyedia resmi layanan pendaftaran haji.


"Pada tahun 2023 Bank NTB Syariah telah memberikan dividen sebesar Rp15 miliar kepada Pemkab Lombok Timur. Pembagian dividen itu meningkat Rp1 miliar dibanding tahun sebelumnya," pungkasnya


Sementara itu, Ketua FJLT, Rusliadi, mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk menambah wawasan literasi keuangan. Lantaran, banyak pihak yang belum memahami hal tersebut khususnya insan pers.


"Ini penting untuk menambah literasi keuangan perbankan. Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan berikutnya," harap wartawan Suara NTB itu. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama