Buka Liga Sinova 2024, Bupati Pathul Bahri wajibkan SKPD berinovasi - OPSINTB.com | News References -->

07/05/24

Buka Liga Sinova 2024, Bupati Pathul Bahri wajibkan SKPD berinovasi

Buka Liga Sinova 2024, Bupati Pathul Bahri wajibkan SKPD berinovasi

 
Liga sinova 2024

OPSINTB.com - Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri meminta semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lombok Tengah berinovasi. Berinovasi, katanya, bahkan akan diwajibkan serta diperbupkan mulai 2024, karena inovasi adalah salah satu pintu masuk kesejahteraan masyarakat.


''Maka Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib membuat inovasi dan diperbupkan. Karena inovasi ini bisa mensejahterakan masyarakat,'' kata Pathul Bahri pada Acara Jambore Riset dan Inovasi Daerah 'Jalin Aksi Membangun Kolaborasi' sekaligus sebagai acara pembukaan Liga Sinova 2024, Senin (6/5/2024). 


Pathul menyontoh, salah satu inovasi yang telah dilakukan Lombok Tengah ialah menyekolahkan 10 orang anak yatim penghafal Al-Qur'an menjadi dokter tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


''Kita bayangkan; tanpa APBD, tapi inovasi ini bisa berjalan dengan baik,'' ucapnya bangga. 


Dengan inovasi tersebut, lanjut Pathul, Lombok Tengah seakan-akan bumi yang telah diberkahi oleh Tuhan. Bagaimana tidak, saat daerah lain mengusulkan pengangkatan ratusan PPPK, Lombok Tengah justru disediakan ribuan oleh Pemerintah Pusat. 


''Menyekolahkan penghafal Al Qur'an, tanpa APBD. Ini inovasi gila. Dapat penghargaan dari menteri. Banyak orang dari Kalimantan, Bandung, dan daerah lain belajar ke sini. Kalau ini dibumikan, semua orang di negeri ini masuk Surga,'' ujarnya. 


Sementara itu, Kepala Bapperida Lombok Tengah, Lalu Wiranata, menerangkan Liga Sinova 2024 ini diharapkan akan dapat memunculkan inovasi-inovasi baru di daerah ini. Dikatakan, siapapun termasuk awak media bisa berinovasi untuk kemajuan daerah. 


''Siapapun bisa berinovasi untuk kemajuan Lombok Tengah. Maka dari itu dari Liga Sinova 2024 semoga lahir inovasi-inovasi baru,'' terang Wiranata. 


Dijelaskan, hasil inovasi Liga Sinova 2023 lalu telah banyak diaplikasikan di daerah lain, seperti Kalimantan, KLU, Mataram, dan Papua. Adapun setelah lolos Liga Sinova, inovasi tersebut akan dijadikan program, baik oleh pemerintah daerah maupun pusat. 


Salah satunya ialah inovasi Gawe Gubuk yang sudah dipakai Bappenas dan Papua. 


''Berarti inivator Lombok Tengah ini sudah luar biasa. Tinggal tunggu saja menasional. Kami juga siapkan fasilitas dan hadiah umroh bagi setiap pemenang,'' tandasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama