Triwulan I 2024, Pariwisata NTB cukup baik - OPSINTB.com | News References -->

19/04/24

Triwulan I 2024, Pariwisata NTB cukup baik

Triwulan I 2024, Pariwisata NTB cukup baik

 
Pariwisata ntb

OPSINTB.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jamaludin Maladi, menyatakan kondisi pariwisata NTB selama triwulan pertama 2024 cukup baik. Apalagi dengan dibukanya pendakian ke Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) 1 April lalu membuat kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing meningkat.


''Menurut saya bagus sekali. Apalagi sekarang TNGR sudah dibuka untuk tracking. Nah biasanya ketika dibuka pendakian ini, sudah banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang,'' ujar Jamaludin Maladi, Jumat (19/4/2024). 


Selain itu, kata dia, dengan telah dibukanya penerbangan langsung dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bizam, akan menambah positif dunia pariwisata NTB. 


''Alhamdulillah, walaupun tidak tiap hari, tapi ini positif bagi pariwisata kita,'' katanya. 


Lebih lanjut, Jamaludin mengungkapkan, pemerintah pusat melalui Menkomarves telah membahas terkait subsidi penerbangan untuk lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) yang di mana Mandalika masuk salah satu dari lima DPSP tersebut. Meski tidak berlaku sampai akhir tahun, terangnya, subsidi ini tentu akan sangat menarik bagi para wisatawan. 


''Ini rencananya akan disubsidi pada bulan Mei-Agustus tahun ini. Mudah-mudahan ini segera terealisasi untuk meningkatkan promosi pariwisata kita,'' imbuhnya. 


Kenapa subsidi tidak dilakukan sampai September saat penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika? Menurut Jamaludin, MotoGP sudah memiliki pasar tersendiri. Artinya, jelas dia, yang akan datang menonton adalah orang-orang yang berduit. 


''Kalau untuk MotoGP, terkait penerbangan; menurut saya orang datang nonton kan orang-orang udah punya duit. Katakan saja kita bicara ini penonton dari luar negeri. Itu biasanya sudah ada pasar khusus. Berapapun harga tiket biasanya habis,'' sebut Jamaludin. 


Dirinya berharap dengan adanya subsidi ke DPSP maskapai-maskapai penerbangan juga mendukung agar tingkat kunjungan wisatawan ke Mandalika maupun DPSP lainnya meningkat pesat. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama