Menuju Lotim berkemajuan tahun 2025 - OPSINTB.com | News References -->

18/04/24

Menuju Lotim berkemajuan tahun 2025

Menuju Lotim berkemajuan tahun 2025

 
Lotim berkemajuan

OPSINTB.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur, gelar Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Lotim, HM Juaini Taofik, itu dilaksanakan di Pendopo Bupati, Kamis (18/04/2024).


"Ini penting dalam upaya memperkuat visi pembangunan jangka panjang dan rencana strategis Lombok Timur," ucap Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik.


Kegiatan ini, imbuhnya, merupakan kegiatan lanjutan dari tahapan penyusunan dokumen perencanaan jangka panjang dan perencanaan pembangunan tahunan. Musrenbang RPJPD tahun 2025-2045, kata dia, menjadi platform penting bagi semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam menentukan arah pembangunan Gumi Patuh Karya dalam dua dekade kedepan.


Ia membeberkan, RKPD tahun 2025 akan menjadi panduan operasional bagi pemerintah daerah, dalam menjalankan program-program prioritas yang telah dirumuskan.


Dirinya menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam proses perencanaan pembangunan untuk yang berkelanjutan dan inklusif. 


Bupati menyebut, dari pencapaian RPJPD pada Tahun 2005-2025 ada beberapa pencapaian yang meningkat. Seperti indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2005 lalu berada diangka 59,51 meningkat melebihi target menjadi 70,65 pada 2023. 


"Sementara itu ada beberapa yang masih memerlukan kerja keras seperti penurunan angka kemiskinan," terangnya


Pria yang karib disapa Ofik itu menjelaskan, pada rancangan RPJPD tahun 2025-2045 sesuai dengan hasil pembahasan yang telah disusun rancangan visi Kabupaten Lombok Timur yaitu Mewujudkan Lotim yang Maju, Sejahtera, Berbudaya, dan Berkelanjutan.


Pada dokumen rancangan RKPD Kabupaten Lotim tahun 2025 telah dirumuskan tema pembangunan yakni Transformasi Ekonomi dan Pembangunan Manusia Berkualitas dengan Dukungan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.


Visi itu dijabarkan ke dalam 21 prioritas daerah mulai dari fasilitas pendidikan hingga kontribusi pada sektor perikanan dan kelautan.


Terakhir Taofik, berharap melalui musrenbang ini seluruh peserta dapat berpartisipasi aktif menyampaikan saran dan masukan terkait berbagai hal yang belum terakomodir.


"Rancangan RPJPD maupun RKPD untuk penyempurnaan menjadi dokumen rancangan akhir," harapnya


Acara yang berlangsung di Pendopo Bupati Lombok Timur itu, dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Lombok Timur, Pj. Sekda, Unsur Forkopimda, para asisten, staf ahli, Kepala OPD, camat, unsur TP. PKK, organisasi kemasyarakatan, dan akademisi. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama