Cegah generasi stunting baru, Pemkab Loteng launching gerakan minum TTD - OPSINTB.com | News References -->

30/04/24

Cegah generasi stunting baru, Pemkab Loteng launching gerakan minum TTD

Cegah generasi stunting baru, Pemkab Loteng launching gerakan minum TTD

 
Gerakan minum ttd

OPSINTB.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) melaunching Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Loteng di SMPN 1 Batukliang, Kecamatan Batukliang, Senin (29/4/2024). 


Launching dipimpin Wakil Bupati Loteng yang sekaligus sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Loteng, HM Nursiah. 


Adapun Gerakan Minum TTD ini menyasar sebanyak 43.000 siswi. 


"Tablet tambah darah ini untuk mencegah terjadinya kekurangan darah. Manfaatnya akan langsung dirasakan oleh para siswi yang mengkonsumsi. Tablet ini akan diberikan secara serentak setiap hari Sabtu setiap pekan,'' kata Nursiah. 


Lanjutnya, Pemkab Loteng sudah mulai menyalurkan TTD sejak tahun 2023 dengan jumlah stok tujuh juta tablet. Kemudian pada 2024 akan mendapatkan tambahan tiga juta tablet. 


''Totalnya 10 juta tablet. Sebenarnya gerakan ini sudah kita mulai pada 2023, namun pada 2024 ini barulah kita launching dan menjadi yang pertama di NTB,'' imbuhnya. 


Dijelaskan, pemberian tablet ini sebagai langkah antisipasi lahirnya penderita  stunting baru. Langkah ini merupakan antisipasi yang bersifat spesifik. 


''Pemberian TTD secara serentak setiap pekan merupakan inovasi pemerintah daerah dalam upaya pencegahan stunting. Kegiatan pemberian TTD secara serentak dan rutin oleh Pemkab Loteng ini merupakan yang pertama di NTB,'' tandasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama