BPPD Lotim berharap Pathul Bahri benahi pariwisata NTB - OPSINTB.com | News References -->

17/04/24

BPPD Lotim berharap Pathul Bahri benahi pariwisata NTB

BPPD Lotim berharap Pathul Bahri benahi pariwisata NTB

 
Pathul bahri cagub ntb

OPSINTB.com - Keberhasilan Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Lalu Pathul Bahri dalam memajukan dunia pariwisata di Loteng membuat sejumlah daerah kagum. Salah satunya dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Lombok Timur (Lotim).


Mereka menilai keberhasilan pembangunan pariwisata di Loteng tak lepas dari tangan dingin Pathul Bahri. Karena itu, melihat prestasi yang luar biasa tersebut, maka Pathul Bahri dinilai pantas memimpin NTB.


"Kami melihat Pak Pathul cocok pimpin NTB,'' ungkap salah satu anggota BPPD Lotim, Uncle Kus saat bersilaturahmi ke kediaman Pathul Bahri, Selasa (16/4/2024). 


Kus mengaku perkembangan pariwisata di NTB tidak sesuai harapan. Dia menyontoh pariwisata di Lotim; di mana efek KEK Mandalika belum berdampak signifikan bagi pariwisata di daerah tersebut. 


"Kadang kami iri dengan pesatnya pembangunan pariwisata di Loteng, padahal Lotim juga masuk dalam kawasan prioritas, tetapi belum ada efeknya bagi kami di Lotim,'' ujarnya.


Sementara, Pathul Bahri mengatakan masalah pariwisata menjadi masalah bersama untuk diselesaikan. Tidak hanya oleh pemerintah provinsi, tetapi juga pemerintah kabupaten. Membangun dunia pariwisata, lanjutnya, tidak lepas dari dukungan masyarakat, mengingat masyarakat paling menentukan berkembang atau tidaknya pariwisata itu sendiri. 


Setelah masyarakat menyadari pentingnya pariwisata untuk perekonomian, maka selanjutnya adalah perbaikan akses transportasi. Di sini, kata Pathul, akses transportasi seperti jalan harus memadai. Karena itu, pemanfaatan armada perhubungan juga sangat penting. 


"Semua harus berjalan simultan, mulai dari pelibatan masyarakat hingga infrastruktur yang memadai. Artinya percuma jalan bagus, tetapi masyarakat tidak dilibatkan dalam pembangunan pariwisata, sebaliknya masyarakat dilibatkan, tetapi akses jalan tidak baik, makanya harus paralel,'' tutupnya.


Selain dari BPPD Lotim, sejumlah komunitas juga hadir menyampaikan aspirasinya. Di antaranya Komunitas Kijang Sekilo Lombok, Garda Prabowo Gibran yang kini berubah menjadi Garda Pathul Bahri, Relawan LPB Loteng, Lobar, dan KLU. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama