Pj Bupati Lotim perkuat kolaborasi terunkan stunting 14 persen di 2024 - OPSINTB.com | News References -->

21/03/24

Pj Bupati Lotim perkuat kolaborasi terunkan stunting 14 persen di 2024

Pj Bupati Lotim perkuat kolaborasi terunkan stunting 14 persen di 2024

 
Pemkab Lotim perkuat kolaborasi terunkan stunting 14 persen di 2024

OPSINTB.com - Salah satu fokus kebijakan Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik adalah tercapainya target nasional penurunan angka stunting pada akhir tahun 2024, yakni 14 persen. Untuk mencapai terget tersebut, Pj Bupati mengupayakan berbagai strategi, termasuk meliatkan Tenaga Penggerak Gizi (TPG).


Pj Bupati yang karib disapa Kak Ofik menyampaikan perlunya melakukan akselerasi penurunan prevalensi stunting untuk mencapai target tahun ini. Intervensi lebih terarah yang didukung tenaga gizi sebagai tenaga utama dan strategis, menurut Pj Bupati menjadi upaya yang diperlukan.


Untuk memuliskan strategi yang dimaksud, Kak Ofik melakukan pertemuan bersama 35 orang TPG perwakilan puskesmas dan desa lingkup kabupaten Lombok Timur pada Kamis (21/3/2024) di Ruang Rapat Bupati.


"Para tenaga gizi merupakan aktor utama di posyandu masing-masing karena pemahamannya. Kepada para TPG agar senantiasa kuat menghadapi tantangan kerja," pesan Kak Ofik. 


Lebih lanjut ia mengingatkan pula pentingnya pemutakhiran data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) untuk peningkatan kualitas data. Pemutakhiran tersebut dilakukan untuk semua balita mulai dari penimbangan berat badan dan pengukuran panjang badan balita secara benar dan valid. 


Ia mengingatkan agar melakukan verifikasi dan analisis terhadap data hasil pengukuran yang didapatkan dari Posyandu sebelum dientri ke dalam sistem e-PPGBM. 


"Pastikan pengukuran valid dan reliable, mengingat reliabilitasnya ditentukan oleh TPG," kata Kak Ofik memberi semangat. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama