Pengolahan kopi secara tradisional, PEKKA Pade Mele dikunjungi perwakilan Parlemen Australia - OPSINTB.com | News References -->

19/01/24

Pengolahan kopi secara tradisional, PEKKA Pade Mele dikunjungi perwakilan Parlemen Australia

Pengolahan kopi secara tradisional, PEKKA  Pade Mele dikunjungi perwakilan Parlemen Australia

 
Kopi tradisional

OPSINTB.com - Kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Pada Mele, Dusun Dasan Tiga, Desa Sukamulia Timur, Kecamatan Sukamulia, menerima kunjungan perwakilan Parlemen Australia. Kedatangan mereka adalah lanjutan program Australia Leadership Initiative (ARLI) seperti yang telah dilaksanakan di Desa Loyok, Sikur berapa waktu lalu.


"Fokus kunjungan kali ini adalah melihat secara langsung proses pembuatan kopi hitam dengan tiga parian rasa yang unik di PEKKA Pada Mele," ucap salah seorang perwakilan PEKKA, Fitriah, Jumat (19/1/2024).


Dikatakannya, sebelumnya perwakilan inklusi itu hanya melihat melalui media sosial dan video. Mereka, kata dia, sangat tertarik dengan proses pembuatan kopi secara tradisional serta keunikan kegiatan kelompok organisasi yang didominasi para janda di desa itu.


Pihaknya merasa terhormat, kelompoknya mendapat kunjungan perwakilan Parlemen Australia dalam program inklusi. 


"Kami siapkan bahan mentah kopi dan memperlihatkan seluruh proses pembuatannya, seperti yang telah mereka lihat dalam video yang dikirim waktu itu," ujarnya.


Sementara itu, Sekretaris Desa Sukamulia Timur, Saripudin mengangaku, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamulia Timur, merasa terhormat atak kunjungan tersebut. Sejak keberadaan beberapa kelompok binaan, desanya semakin dikenal diberbagai kalangan. 


"Ke depannya Pemdes, terus meningkatkan kapasitas SDM dan fasilitas guna mendukung keberhasilan kelompok-kelompok seperti PEKKA Pada Mele," ujarnya.


Di lain sisi, lanjutnya, rasa bangga itu ada lantaran sebelumnya desa itu tak begitu dikenal. Namun setelah adanya kelompok-kelompok masyarakat itu nama wilayah itu mulai disebut.


Ke depan, kata Saripudin, Pemdes akan terus berupaya membina kapasitas SDM dan memabatu dari segi fasilitas. 


Keberadaan dan keberhasilan kelompok ini, tidak hanya menjadikan nama pemerintah desa bagus, namun juga masyarakat sekitar jadi mandiri.


"Masyarakat sekitar jadi mandiri, membuka peluang pekerjaan dan ekonomi sekitar juga meningkat," tandasnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama