Liga Sinova 2024 segera kick off, pemkab perluas elemen peserta - OPSINTB.com | News References -->

11/01/24

Liga Sinova 2024 segera kick off, pemkab perluas elemen peserta

Liga Sinova 2024 segera kick off, pemkab perluas elemen peserta

 
Liga Sinova 2024 segera kick off, pemkab perluas elemen peserta

OPSINTB.com - Pemkab Lombok Tengah (Loteng) akan memperluas elemen/unsur peserta Sistem Inovasi Daerah (Liga Sinova) 2024. Jika pada 2023 lalu elemennya hanya sebatas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sedangkan tahun ini akan melibatkan masyarakat. 


''Liga Sinova pada tahun ini tetap jalan. Elemen/unsur yang boleh ikut nanti diperluas. Kemarin (2023, red) kan OPD saja, kalau besok masyarakat diperbolehkan,'' kata Kepala Badan Perencanaan, Riset dan Inovasi Daerah (Baperinda) Loteng, L. Wiranata, pada opsintb.com, Rabu (10/1/2024). 


Adapun masyarakat yang dimaksud ialah bisa dari individu ataupun komunitas yang memiliki inovasi dalam membangun daerah. Seperti komunitas difabel yang sudah mampu membuat jamban dan lain-lain. 


''Itu kita dorong supaya mereka ikut di Liga Sinova besok,'' imbuhnya. 


Dijelaskannya, para peserta nantinya akan dinilai oleh tim penilai dan jika menang, program-program yang dicetuskan para pemenang akan masukkan ke dalam e-katalog khusus pemda setempat. Di samping itu, jika ada program perluasan sanitasi daerah, maka pemerintah harus membeli dari mereka. 


''Misalnya kalau menang yang inovasi jamban itu, kita masukkan di e-katalog kita. Nanti kalau ada program perluasan sanitasi, harus beli di sana,'' ujar Wiranata. 


Adapun inovasi-inovasi yang dilombakan dalam Sinova 2024 ini merupakan inovasi baru. Seperti perubahan iklim. Nantinya peserta dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah sistem pertanian di tengah kekeringan yang melanda daerah ini. 


Wiranata menjelaskan, untuk pemenang Liga Sinova tahun lalu, inovasinya sudah direflikasi di daerah lain, seperti di Kabupaten Lombok Utara dan Kota Mataram. 


''Itu nanti kita jadikan program dan pemenangnya nanti itu jadi konsultannya langsung. Dan, inovasi-inovasi itu harus dimanfaatkan sekarang. Jangan sampai sudah jadi pemenang terus tidak diundang lagi sama pemda,'' katanya. 


Kick off Liga Sinova 2024 sendiri akan dimulai pada Februari atau Maret. Meski ada perluasan elemen/unsur peserta dari masyarakat, namun pemda hanya membatasi untuk masyarakat Loteng saja. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama