Sepuluh kecamatan di Loteng terdampak kekeringan, pemda gelar shalat istisqa - OPSINTB.com | News References -->

03/11/23

Sepuluh kecamatan di Loteng terdampak kekeringan, pemda gelar shalat istisqa

Sepuluh kecamatan di Loteng terdampak kekeringan, pemda gelar shalat istisqa

 
Sepuluh kecamatan di Loteng terdampak kekeringan, pemda gelar shalat istisqa

 

OPSINTB.com - Ratusan pegawai lingkup Pemda Lombok Tengah (Loteng) mengikuti pelaksanaan shalat istisqa di Halaman Kantor Bupati Loteng, Jumat (3/11/2023). 


Shalat istisqa dimulai pukul 7.30 WITA dan diimami langsung TGH Suparlan. Adapun khutbah dibacakan Kepala Kemenag Loteng, HM Nasrullah. Usai pelaksanaan, Bupati Loteng, H Lalu Pathul Bahri mengatakan, kondisi panas yang berkepanjangan akibat dampak El Nino berimplikasi terhadap kondisi panas bumi. 


''Sehingga kami keluarga besar lingkup Pemda Loteng bersama Kemenag Loteng melaksanakan shalat mohon turun hujan atau istisqa,'' kata Pathul Bahri. 


Kata Pathul, hal ini menjadi harapan agar hujan segera turun di seluruh wilayah NTB. Karena kekeringan tidak hanya terjadi di wilayah Loteng saja. Begitupun dengan suplai air bersih, terus dilakukan ke wilayah terdampak kekeringan di Loteng. 


''Armada-armada sudah disiapkan baik itu dari Dinas PU, Perkim, PDAM, dan dikelola langsung oleh BPBD,'' ungkapnya. 


Kendati demikian, Pathul menyebut kebutuhan air bersih bagi warga Loteng terbilang masih dalam kondisi aman. 


Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, Ridwan Ma'ruf menjelaskan, droping air bersih per Kamis (2/11/2023) sudah mencapai 340 tangki. Adapun pihaknya menyatakan telah kewalahan dengan jumlah persediaan air bersih, sehingga mau tidak mau persediaan diambil dari tempat lain. 


''Karena sumur bor yang ada di BPBD sendiri sudah terambil 194 tangki. 194 tangki cukup banyak. Biasanya tidak pernah kurang,'' bebernya. 


Ridwan Ma'ruf bahkan menyebut harus mengambil persediaan air di tempat dimana warga biasa mengambil yang kondisinya tidak pernah kering. Tetapi, tentu saja dengan membayar. 


Saat ini, paparnya, dari 12 kecamatan yang ada di Loteng, hanya dua kecamatan yang belum mengajukan surat permintaan untuk droping air bersih. Dua kecamatan dimaksud adalah Batukliang dan Batukliang Utara. 


''Selain itu, persediaan air untuk antisipasi kebakaran juga telah didroping ke dinas terkait,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama