Ruang komunitas digital Desa Karang Baru adakan pelatihan literasi digital berbasis website dan jurnalistik desa - OPSINTB.com | News References -->

07/11/23

Ruang komunitas digital Desa Karang Baru adakan pelatihan literasi digital berbasis website dan jurnalistik desa

Ruang komunitas digital Desa Karang Baru adakan pelatihan literasi digital berbasis website dan jurnalistik desa

 
Ruang komunitas digital Desa Karang Baru adakan pelatihan literasi digital berbasis website dan jurnalistik desa


OPSINTB.com - Duta Digital Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan Pelatihan Literasi Digital dengan Tema "membangun Desa Berbasis Website dan Pelatihan Jurnalistik Desa" yang digelar di Aula Kantor Desa Karang Baru, Kecamatan Wanasaba. Selasa (7/11/2023) 


Duta Digital Lombok Timur Khaeri mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut lantaran Pelatihan Literasi Digital itu masuk dalam pilar tata kelola cerdas dan masyarakat cerdas, yang merupakan salah satu aspek yang perlu dilakukan di dalam mewujudkan Smart Village. 


Dikatakannya juga, dengan adanya Pelatihan Literasi Digital ini Pemuda maupun masyarakat di Karang Baru diharapkan bisa membuat karya jurnalistik sebagai salah satu upaya membangun Desa agar lebih maju. 


"Dengan tulisan, nantinya mereka bisa membuat berita yang membangun untuk mengembangkan Desa tersebut agar lebih maju dari sebelumnya," ucapnya kepada opsintb.com.


Bahkan, kata dia, poin yang paling penting dalam Pelatihan Literasi Digital ini ialah, Pemuda dan masyarakat Desa Karang Baru bisa belajar membuat berita dari informasi yang ada di desa setempat.


"Kita harapkan terutama kepada pemuda harus berperan penting untuk membangun Desa dan bisa berdiskusi di ruang Komunitas Digital, untuk bagaimana mewujudkan Smart Village," pungkasnya. 


Dengan itu, kata Khaeri, Duta Digital mengharapkan sepenuhnya dan juga bisa belajar, berdiskusi untuk bagaimana membangun Literasi yang berbasis teknologi maupun Digital dengan masyarakat. 


Tentunya, kata dia, Pelatihan yang dilakukan saat ini tidak hanya sampai disini, tetapi ia akan terus mengupgradenya walaupun itu nantinya hanya satu kali dalam satu minggu untuk belajar membuat berita. 


"Tentu nantinya kita bersama pemuda akan terus belajar di Ruang Komunitas Digital untuk menulis berita dan juga bagaimana nantinya kita akan bantu untuk memuat tulisan di berbagai Portal media," katanya. 


Khaeri tentunya mengharapkan agar Desa mensuport kegiatan tersebut secara finansial dalam bentuk menganggarkan Program ini, supaya terus berkelanjutan sampai seterusnya. Sehingga nantinya Ruang Komunitas Digital membantu dalam sisi pelaksanaan kegiatannya. 


Sementara itu, Kepala Desa Karang Baru Zainul Arifin mengapresiasi kegiatan tersebut dikarenakan kegiatan semacam itu sangat bagus untuk anak-anak muda di Desa Karang Baru. 


Dikatakan, awal-awalnya pemuda dan Karang Taruna cukup aktif mengelola Website di Desa, tetapi lantaran tidak ada bimbingan dan program yang mendukung sehingga kurang aktif lagi. 


"Mudah-mudahan dengan adanya Pelatihan Literasi Digital ini bisa aktif kembali dan bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan ini, "ujarnya


Kegiatan ini katanya, agar terus terselenggara pihaknya nanti akan terus berkolaborasi dengan kader digital yang ada di desa supaya pelatihan yang Positif ini bisa berkelanjutan.


"nantinya Pelatihan seperti ini kita akan memprogramkan ke depannya sehingga tidak terputus sampai disini, " terangnya 


Di Desa Karang Baru ini sebutnya, dari dulu banyak sekali yang ingin diprogramkan terutama seperti Website supaya Pemuda dan masyarakat bisa memanfaatkan jaringan digital tersebut. 


Kades Berharap, semoga kegiatan atau program seperti ini tetap dilakukan dan Pemuda, masyarakat selalu aktif baik memajukan desa lewat website yang ada, sehingga nanti pihak desa lebih cepat bisa menyerap apa yang menjadi kebutuhan warga Desa Karang Baru. 


"Karena kalau ketemu secara langsung denagn masyarakat sangat sulit sekali, mungkin lewat media yang sudah disiapkan ini bisa pihak desa langsung berintraksi," tutupnaya


Pelatihan Literasi Digital tersebut, dihadiri dari Kepala Desa Karang Baru, Kepala Wilayah, pemuda, Karang Taruna dan Siswa-Siswi SMA serta Masyarakat setempat. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama