RDTR Kota Praya sebagai wajah Lombok Tengah masih dalam proses - OPSINTB.com | News References -->

16/11/23

RDTR Kota Praya sebagai wajah Lombok Tengah masih dalam proses

RDTR Kota Praya sebagai wajah Lombok Tengah masih dalam proses

 
RDTR Kota Praya sebagai wajah Lombok Tengah masih dalam proses

 

OPSINTB.com - Pesatnya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah seolah menganaktirikan Kota Praya sebagai ibu kota kabupaten. 


Kota Praya sebagai wajah Lombok Tengah dari segi penataan ruangnya masih tertinggal dari daerah-daerah lain. 


Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah menjelaskan, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Praya masih dalam proses di Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ADTR). 


''Bahkan beberapa kecamatan juga sudah masuk proses rencana,'' kata Nursiah di Praya, Rabu (15/11/2023). 


Jika kecamatan lain saja masuk rencana, lanjut Nursiah, apalagi Kecamatan Praya sebagai wajah Lombok Tengah. Sudah barang tentu akan masuk, bahkan telah diprioritaskan oleh dinas teknis yakni Dinas PUPR. 


''Menjadi program Dinas PU untuk menyusun RDTR, kalau sudah beberapa kecamatan; akan dilanjutkan dengan Kecamatan Praya. Lebih khusus Kota Praya,'' imbuhnya. 


Dia menjelaskan, dengan adanya RDTR, maka akan ada rencana pengembangan untuk penataan kota ini ke depan. Begitupun dengan ritel modern yang berdekatan dengan pasar. Ada kemungkinan akan ditata ulang dan dikaji ulang penempatannya agar tidak menjadi polemik lagi di masyarakat. 


Kemudian terkait desain perencanaan dan pengembangan penataan kota terkait keindahan, kesesuaian dengan budaya lokal, dan penataan permukiman akan ditindak lanjut sesuai RDTR. 


''Hal ini penting, karena bisa jadi akan menjadi ikon masyarakat ke depan. Makanya perencanaan penting ya,'' tandasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama