Wujudkan smart village, pengelola ruang komunitas digital Desa Rempung gelar pelatihan packaging dan label halal - OPSINTB.com | News References -->

25/10/23

Wujudkan smart village, pengelola ruang komunitas digital Desa Rempung gelar pelatihan packaging dan label halal

Wujudkan smart village, pengelola ruang komunitas digital Desa Rempung gelar pelatihan packaging dan label halal

 
Duta digital lombok timur


OPSINTB.com - Duta Digital Kabupaten Lombok Timur melaksanakan kegiatan pelatihan Packaging dan Label Halal pada Rabu (25/10/2023), di Aula Kantor Desa Rempung, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur.

Duta Digital Kabupaten Lombok Timur, Munawir Fahmi mengatakan, kegiatan yang nengusung tema Optimalisasi Pengembangan UMKM di Era Digitalisasi itu merupakan program Desa Cerdas (Smart Village) dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.


Munawir membeberkan, di antara 239 desa di Lombok Timur, hanya 20 desa yang mendapat program Smart Village untuk dijadikan pilot project yang mana masing-masing kecamatan diwakili satu desa. Namun demikian, ada beberapa kecamatan mendapat jatah dua sampai tiga desa. Dan Desa Rempung menjadi desa pertama yang mengadakan pelatihan, setelah dilakukan orentasi digital.


Ia memaparakan, di Desa Rempung akan dilakukan enam program hingga Desember mendatang. "Setelah program ini, semoga bisa langsung disusul oleh program-program lain," harapnya.


Munawir juga berharap kegiatan ini bisa membuahkan hasil positif dan masyarakat bisa menerapkan apa yang telah didapati semasa mengikuti pelatihan. Sehingga melalui pelatihan ini masyarakat atau pelaku UMKM bisa meningkatkan nilai jual produk mereka, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional.


Untuk mewujudkan harapan itu, Duta Digital dan Relawan RKDD akan tetap melakukan bimbingan ke peserta pelatihan sebagai tindak lanjut program.


"Kerjasama duta digital, kader digital, relawan digital, stakeholder, dan tentunya masyarakat menjadi kunci keberhasilan program Smart Village," pungkasnya.


Kegiatan pelatihan Packaging dan Label Halal dihadiri Kepala Desa Rempung, Babinsa, Karang Taruna, Forum Kader PKK, Bumdes, pelaku UMKM Desa Rempung, dan mahasiswa Undikma dan tamu undangan. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama