Tim Pansel calon anggota KPU NTB 2 sosialisasi di Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

26/10/23

Tim Pansel calon anggota KPU NTB 2 sosialisasi di Lombok Timur

Tim Pansel calon anggota KPU NTB 2 sosialisasi di Lombok Timur

 
Tim Pansel calon anggota KPU NTB 2 sosialisasi di Lombok Timur

OPSINTB.com - Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota KPU NTB 2 melakukan sosialisasi seleksi calon anggota KPU kabupaten/kota NTB pada Kamis (26/10/2023), di Kantor KPU Kabupaten Lombok Timur.


Hadir Ketua Tim Pansel NTB 2 Vici Handalusia Husni dan anggota, Katua KPU Kabupaten Lombok Timur beserta jajaran, seluruh ketua PPK kecamatan, akademisi, dan tamu undangan lainnya.


Dalam sosialisasinya, Vici Handalusia Husni menjelaskan, tahapan seleksi calon anggota KPU kabupaten/kota dimulai sejak Oktober hingga Desember 2023. Sosialisasi kepada masyarakat dilakukan 24-30 Oktober 2023 dengan menggandeng KPU kabupaten/kota, sedangkan pendaftaran mulai 24 Oktober hingga 4 November 2023.


Pendaftaran calon komisioner KPU dilakukan secara online melalui website siakba.kpu.go.id. Selain memasukkan berkas pendaftaran secara online, berkas juga harus diserahkan secara offline ke sekretariat tim pansel.


Karena itu Handa mengundang seluruh masyarakat NTB khususnya, untuk turut serta mengikui seleksi calon anggota KPU dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan KPU RI. "Semua masyarakat memiliki peluang yang sama menjadi komisioner," ungkapnya.


Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram itu mengatakan, pihaknya akan melakukan proses seleksi dengan profesional dan obyektif untuk menghasilkan komisioner yang handal, memiliki kemampuan, dan berintegritas.


Handa menjelaskan, Tim Pansel hanya bertugas untuk menyeleksi calon anggota KPU sampai 10 besar untuk disampaikan ke KPU RI. Artinya Tim Pansel mengemban amanah sampai terbentuk dua kali kebutuhan yakni 10 orang di masing-masing daerah.


"Tahapan seleksi di Tim Panse yakni seleksi administrasi, seleksi tulis dan psikologi, kemudian seleksi kesehatan, dan wawancara," imbuhnya.


Selain nilai peserta dalam setiap tahapan seleksi, Tim Pansel juga akan memperhatikan masukan dari masyarakat, persoalan afiliasi dengan parpol atau organisasi tertentu, dan persoalan hukum peserta.


Vici Handalusia Husni berharap agar masyarakat antusias mengikuti seleksi juga mendukukung suksesnya tahapan seleksi hingga pengumuman nama calon anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota pada 11 Desember hingga 13 Desember 2023 mendatang. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama