Kadispar Loteng sebut pemberian keris kepada pemenang MotoGP Mandalika bentuk empati dan emosional - OPSINTB.com | News References -->

18/10/23

Kadispar Loteng sebut pemberian keris kepada pemenang MotoGP Mandalika bentuk empati dan emosional

Kadispar Loteng sebut pemberian keris kepada pemenang MotoGP Mandalika bentuk empati dan emosional

 
Fabio Quartararo

 

Foto: Juara 3 MotoGP Mandalika, Fabio Quartararo menerima cinderamata keris pusaka dari Pj Gubernur NTB. (tangkapan layar video dokumentasi antaranews)


OPSINTB.com - Pebalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia sukses menjuarai seri 16 MotoGP di Sirkuit Mandalika yang digelar Minggu (15/10/2023). Dengan hasil yang diraih pebalap asal Negeri Pizza tersebut, Pecco Bagnaia kini memimpin klasmen balapan dengan mengoleksi 346 atau unggul atas rival terdekatnya Jorge Martin dengan selisih 18 poin. 


Puncaknya, Bagnaia, Vinales, dan Quartararo secara berurutan menempati podium 1, 2, dan 3. Adapun selain menerima piala, para pebalap yang menempati podium 1-3 diberikan cinderamata berupa keris yang diserahkan langsung Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Menteri BUMN Erick Tohir. 


Terkait pemberian cinderamata keris itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah, H Lendek Jayadi mengungkapkan bahwa pemberian keris merupakan simbol dari sebuah kehormatan untuk empati dan emosional yang tinggi kepada tokoh atau orang-orang tertentu saja. 


''Dan, itu diberikan khusus kepada tokoh-tokoh dan itu tidak dinilai dengan harga; tidak diperjualbelikan,'' ungkapnya, Senin (16/10). 


Ia juga mengutarakan bahwa pemberian keris kepada para tokoh juga merupakan cara orang tua dulu untuk mempromosikan pusaka dan budayanya. 


''Kalau sudah pusakanya diberikan ke orang lain atau orang tertentu, maka yang diharapkan adalah bagaimana membangun dan merawat budaya dan negara,'' ujarnya. 


Jayadi juga menyebut telah menerima kalender MotoGP di Sirkuit Mandalika untuk tahun depan. Dimana pada 2024 mendatang, event balap paling bergengsi di dunia ini akan diselenggarakan pada 27-29 September. 


Untuk itu, pihaknya akan terus berbenah serta melakukan inovasi-inovasi baru untuk menyambut event ini agar lebih baik lagi ke depannya. 


''MotoGP 2024 sudah keluar kalendernya. Semua akan kami evaluasi. Ruang parkir juga butuh perluasan. Kemudian tata kelola parkir, manajemen perlu dikembangkan. Masih banyak waktu untuk berbenah,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama