Jelang GP Mandalika, ITDC nyatakan siap seratus persen - OPSINTB.com | News References -->

12/10/23

Jelang GP Mandalika, ITDC nyatakan siap seratus persen

Jelang GP Mandalika, ITDC nyatakan siap seratus persen

 
Motogp mandalika 2023

 

OPSINTB.com - Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Troy Reza Warokka mengatakan, dukungan dari pemerintah dan BUMN merupakan bukti komitmen bersama untuk mensukseskan gelaran MotoGP Mandalika. Dia juga mengapresiasi dukungan pihak swasta yang turut menopang kelancaran persiapan, event tambahan, hingga puncak balapan nanti. 


''ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika telah melakukan persiapan kawasan seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong parkir berkasitas 7.888 (mobil dan motor), gate kawasan, layanan transportasi, dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton MotoGP 2023 yang kami pastikan lebih baik dari event sebelumnya,'' kata Troy dalam rilis yang diterima opsintb.com, Kamis (12/10/2023). 


Selain itu, ungkap Troy, pihaknya menyatakan telah melengkapi fasilitas di kawasan dengan membangun Masjid Al-Hakim, Kuta Lane dan Bazaar Mandalika yang merupakan salah satu wujud apresiasi bagi masyarakat untuk menampilkan produk-produk UMKM. 


''Ke depan kami akan terus mengembangkan fasilitas pendukung di kawasan yang dapat menguatkan KEK Mandalika sebagai destinasi utama sport tourism di Indonesia,'' ungkapnya. 


Sehari sebelumnya, sejumlah pebalap ikut ambil bagian untuk melintasi dan menyapa langsung masyarakat di Kota Mataram. Gelaran bertajuk Riders Parade tersebut diikuti sejumlah pebalap seperti Alex Marquez dari Gresini Racing MotoGP, Filip Salac dan Jeremy Alcoba dari QJMOTOR Gresini Moto2, Ai Ogura dan Somkiat Chantra dari IDEMITSU Honda Team Asia, Stefano Nepa dari Angeluss MTA Team, Daniel Holgado dari Red Bull KTM Tech3, Jaume Masia dari Leopard Racing, Jose Antonio Rueda dari Red Bull KTM Ajo, Collin Veijer dari Liqui Moly Husqvarna Intact GP, serta tak ketinggalan pembalap tuan rumah Mario Suryo Aji dari Honda Team Asia. 


Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, Riders Parade tersebut berjalan lancar. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat yang setia menanti sejak pagi hingga acara selesai untuk memberikan dukungan langsung kepada para riders. 


''GP Indonesia 2023 adalah momen bersejarah bagi Indonesia dan dunia balap motor. Kami sangat senang melihat antusiasme dari para penggemar yang telah menanti perhelatan ini, sekaligus menjadi momen apresiasi juga untuk masyarakat setempat yang sudah mendukung ajang Moto GP Mandalika sejak pertama digelar tahun lalu. Kita lihat para riders juga begitu senang dengan semangat yang diberikan masyarakat,'' ujarnya. 


Adapun Riders Parade itu dimulai dengan persiapan pada pukul 12.30 wita. Para pebalap kemudian bergerak dari Polda NTB menuju Kantor Gubernur NTB sejauh 3,1 km dengan mengambil rute melewati Jalan Langko dan Jalan Pejanggik yang dipenuhi oleh masyarakat di kedua sisinya.

Di dekat garis finish, yakni Taman Sangkareang, para riders tidak lupa memberikan tanda dengan dengan melakukan atraksi burn out. 


Aksi tersebut langsung disambut meriah masyarakat yang berada di lokasi. Selain itu, turut memeriahkan pawai tersebut, dua komunitas sepeda motor setempat.

Adapun sebelum rangkaian acara berakhir, para pebalap menyempatkan diri untuk berfoto bersama di area depan Kantor Gubernur NTB. 


Terkait persiapan akhir GP Indonesia 2023, Dirut MGPA Priandhi Satria menjelaskan, secara keseluruhan sudah hampir rampung 100 persen, yang mencakup persiapan sirkuit, paddock, dan pit lane balapan. 


''Pelatihan para marshal atau petugas yang membantu di dalam sirkuit saat balapan berlangsung juga terus dimatangkan,'' terangnya. 


Adapun pelatihan tersebut akan dilakukan langsung oleh FIM dan IMI. Pelatihan tersebut telah dimulai sejak Senin (9/10) dengan melibatkan 35 marshal. Untuk tiga hari berikutnya hingga (12/10) atau sehari jelang sesi latihan bebas dimulai, pelatihan tersebut akan diikuti oleh 380 marshal. 


Selain persiapan di dalam sirkuit, persiapan untuk area penunjang seperti area parkir, panggung hiburan, dan tenda UMKM juga hampir rampung. Pihak penyelenggara memastikan seluruh persiapan berjalan lancar demi kepuasan penonton yang hadir menyaksikan Indonesian GP 2023. 


''Persiapan non-race, termasuk untuk side event sudah hampir rampung. Jadi kami pastikan semuanya selesai saat para penonton mulai datang ke Sirkuit Mandalika sehingga mendapat pengalaman terbaik dalam ajang Indonesian GP 2023,'' kata Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama