DPRD Lotim gelar rapat paripurna penyampaian pendapat bupati atas Raperda usul inisiatif dewan - OPSINTB.com | News References -->

17/10/23

DPRD Lotim gelar rapat paripurna penyampaian pendapat bupati atas Raperda usul inisiatif dewan

DPRD Lotim gelar rapat paripurna penyampaian pendapat bupati atas Raperda usul inisiatif dewan

 
DPRD Lotim gelar rapat paripurna penyampaian pendapat bupati atas Raperda usul inisiatif dewan


OPSINTB.com - Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur melaksanakan Rapar Paripurna Penyampaian Pendapat Kepala Daerah terhadap Penjelasan DPRD atas dua usul Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD tahun 2023, Selasa (17/10/2023).


Dua Raperda yang dimaksud yakni Raperda Penyelenggaraan Pesantren dan Raperda tentang Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, Perempuan, dan Anak. Penyampaian penjelasan dua Raperda tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Bapemperda, Marianah. 


Pada kesempatan itu Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik menyampaikan, pada prinsipnya Pemda menyetujui pembahasan lebih lanjut terkait dua Raperda yang menjadi inisiatif DPRD Lombok Timur.


Lebih lanjut Juaini menyampaikan, Pemda sangat mengapresiasi inisiatif tersebut mengingat hingga saat ini pengaturan mengenai penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, perempuan, dan anak masih dengan Peraturan Bupati. 


Sementara itu Raperda Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren dinilai telah memenuhi teknik penyusunan produk hukum yang diatur dalam undang-undang. Raperda tersebut dilatarbelakangi banyaknya pesantren yang tumbuh dan berkembang serta berkontribusi penting mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan pembangunan masyarakat.


"Akan tetapi dalam perkembangannya pesantren masih mengalami kesenjangan pada aspek pembiayaan, dukungan sarana prasarana, termasuk sumber daya manusia," ungkapnya.


Karena itu, Pemda sepakat bahwa diperlukan fasilitasi atau dukungan dalam upaya memajukan pendidikan pesantren dalam satu sistem pendidikan berdasarkan kekhasan, tradisi, kurikulum pendidikan, dan membentuk santri yang unggul di berbagai bidang. "Termasuk memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan pesantren," pungkasnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama