Bupati Loteng ingatkan peran santri dalam pertahankan kemerdekaan - OPSINTB.com | News References -->

22/10/23

Bupati Loteng ingatkan peran santri dalam pertahankan kemerdekaan

Bupati Loteng ingatkan peran santri dalam pertahankan kemerdekaan

 
Bupati Loteng ingatkan peran santri dalam pertahankan kemerdekaan

 

OPSINTB.com - Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) berlangsung di Bencingah Adiguna Praya pada Minggu (22/10/2023). Acara berlangsung meriah dan dihadiri Bupati Loteng, H Lalu Pathul Bahri, Wakil Bupati Loteng, H Nursiah, dan jajaran Forkopimda. 


Bupati dalam acara tersebut menyampaikan, Hari Santri Nasional merupakan momentum bersejarah bagi seluruh masyarakat Indonesia. Peringatan Hari Santri Nasional di Loteng, sebutnya, merupakan momentum yang sudah menjadi acara rutinan setiap tahun. 


Di samping itu, lanjutnya, setiap kali Hari Santri Nasional diperingati, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Hari Santri Nasional mengingatkan seluruh masyarakat kepada peran besar para santri dan kiai, ulama-ulama pendahulu dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari serangan penjajah. 


''Perjuangan para santri dan kiai pada masa revolusi kemerdekaan tersebut adalah bentuk pengamalan ajaran Rasulullah SAW bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Dengan demikian, memperjuangkan kemerdekaan tanah air juga menjadi bagian dari ibadah,'' kata Miq Hul sapaan akrabnya. 


Maka dari itu, sambungnya, dengan tema peringatan Hari Santri Nasional 2023 ''Jihad Santri Jayakan Negeri" patut menjadi bahan renungan kita bersama. Tema ini mengajak kita semua meneladani semangat para santri yang berjuang dengan sepenuh hati dan jiwa untuk memajukan bangsa dan negara. 


Jihad yang dimaksud bukanlah peperangan fisik, melainkan perjuangan moral dan intelektual. 


''Kita tidak bisa meniru apa yang dilakukan oleh para santri di masa lalu, yang rela berkorban nyawa dan harta untuk membebaskan Indonesia dari belenggu kolonialisme,'' tutup Pathul. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama