Buka liga peresean se-pulau Lombok, Bupati: Sebagai ajang silaturahmi dan menjaga budaya dan kesenian Sasak - OPSINTB.com | News References -->

21/08/23

Buka liga peresean se-pulau Lombok, Bupati: Sebagai ajang silaturahmi dan menjaga budaya dan kesenian Sasak

Buka liga peresean se-pulau Lombok, Bupati: Sebagai ajang silaturahmi dan menjaga budaya dan kesenian Sasak

 
Buka liga presean se-pulau Lombok, Bupati: Sebagai ajang silaturahmi dan menjaga budaya dan kesenian Sasak

 

OPSINTB.com - Bupatit Lombok Tengah (Loteng), H Lalu Pathul Bahri menegaskan agar mempertahankan kesenian, budaya dan tradisi Peresean. Hal ini disampaikannya saat membuka Liga Peresean Se-Pulau Lombok pada Jumat (18/8/2023) di Lapangan Bundar Kota Praya. 


''Tugas kita sekarang bagaimana membuat buku. Buku panduan Peresean yang isinya tentang sejarah perjalanan Peresean, panjang perisai atau ende (Sasak.red) serta penyalin. Tujuannya untuk mempertahankan kesenian, budaya dan tradisi Peresean ini. Untuk itu, penting ada seminar, sehingga menjadi buku Peresean, dan bisa menjadi pedoman masyarakat dan kita awali dari Lombok Tengah,'' tegas Bupati. 


Lanjutnya, kegiatan seni dan budaya seperti Liga Peresean ini sangat penting untuk mempertahankan kesenian, tradisi dan budaya Sasak. ''Dan, Liga Peresean ini juga semata-mata untuk menjalin silaturahmi para pepadu Se-Pulau Lombok,'' ujarnya. 


Selain itu, dirinya mengaku beberapa waktu lalu pihaknya telah menjalin komunikasi dengan ITDC selaku pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika untuk menggelar Peresean sebagai pembuka balapan internasional MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika pada Oktober 2023 mendatang. 


''Kami sudah berkomunikasi dengan ITDC, sebelum motoGP akan ada Peresean yang dilaksanakan di dalam arena Sirkuit Mandalika,'' aku Pathul. 


Pembukaan Liga Peresean Se-Pulau Lombok diawali dengan Parade pepadu (petarung) Peresean diikuti para ASN lingkup Pemda Loteng untuk menyemarakkannya. Peserta parade pepadu diiringi musik tradisional Sasak Gendang Beleq. Parade dimulai dari depan Pendopo I dan berakhir di Lapangan Bundar Kota Praya. 


Liga Peresean Se-Pulau Lombok ini rencananya bakal berlangsung selama tujuh hari, yakni dari tanggal 18-24 Agustus 2023. 


Hadir dalam acara yang dibalut dengan pakaian adat Sasak tersebut Wakil Bupati Loteng HM Nursiah, Sekda Loteng, HL Firman Wijaya, Kepala OPD dan para Camat. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama