Berdayakan kelompok rentan, UNU teken MoU dengan empat desa - OPSINTB.com | News References -->

01/03/23

Berdayakan kelompok rentan, UNU teken MoU dengan empat desa

Berdayakan kelompok rentan, UNU teken MoU dengan empat desa

 
Berdayakan kelompok rentan, UNU teken MoU dengan empat desa

OPSINTB.com - Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) menggelar workshop penyusunan Theory Of Change, Selasa (28/02/2023) di Lesehan Sasak Narmada Tanjung, Lombok Utara.

Kegiatan dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Provinsi NTB, Lakpesdam PCNU Lombok Utara dengan empat Desa di Lombok Utara.

Dalam Penandatanganan MoU tersebut dimaksudkan untuk mendorong penguatan peran dan partisifasi masyarakat marginal dan rentan dalam pembangunan desa.

Rektor Universitas NU Provinsi NTB, Baiq Mulianah dalam sambutannya, menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman bersama, yang digagas Lakpesdam NU dengan empat desa di Lombok Utara. 

"Menurut saya upaya semacam ini baik untuk memastikan semua kelompok masyarakat dapat terlibat dan merasakan manfaat pembangunan desa," ucapnya dalam sambutanya.

Sehingga, lanjutnya, sebagai perguruan tinggi yang memiliki komitmen menjadi kampus inklusif, Universitas NU NTB sejak awal telah memberikan kesempatan bagi kelompok rentan dan marginal untuk bisa kuliah di Universitas NU NTB. 

"Kami telah membuka kelas inklusi untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya untuk melanjutkan studi di UNU NTB," kata pembina Ponpes Ta’limusibyan ini.

Dengan adanya MoU ini, ia berharap peran Universitas NU akan lebih maksimal dalam menjalankan misi tridarma perguruan tinggi seperti : pengelolaan ilmu pengetahuan, penelitian, pengabdian masyarakat, pemberdayaan ekonomi, maupun advokasi kebijakan di bidang pembangunan. 

Tidak hanya itu juga, pemberdayaan masyarakat desa, khususnya mendorong penyediaan ruang dan akses masyarakat marginal dan rentan terlibat dalam perencanaan dan pembangunan desa harus mendapatkan mamfaat atas pembangunan desa tersebut. 

Untuk di ketahui, Hadir dalam Kegiatan tersebut, terdiri dari 30 orang peserta, diantaranya PC NU Lombok Utara, Dinas P2AKBPMD, Rektor UNU NTB, Tenaga Ahli Pendamping Desa, Kepala Desa, BPD, Perwakilan Perempuan, anak dan disabilitas dari 4 desa yaitu Desa Bayan, Teniga, Pemenang Barat dan Malaka. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama