Bersedekah untuk bumi, selamatkan mata air - OPSINTB.com | News References -->

13/12/22

Bersedekah untuk bumi, selamatkan mata air

Bersedekah untuk bumi, selamatkan mata air

 
Mata air aik koak aikmel

OPSINTB.com - Mata air Aik Koak, Desa Aikmel Utara, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur dulunya sumber air yang terbesar ke tiga kecamatan. Sebagian besar dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat di wilayah Aikmel dan sekitarnya.

Seiring waktu, kebutuhan air masyarakat semakin meningkat, dibarengi dengan kondisi alam dampak dari perilaku manusia yang membabat pohon secara liar. Buntutnya terjadi kekeringan yang menyebabkan debit air di wilayah tersebut berkurang.

Namun demikian tak hanya mata air Aik Koak, tetapi hal serupa juga terjadi di beberapa mata air di wilayah itu. Kondisi itu yang menggerakkan organisasi pencinta alam, Sempara Lombok Timur terpanggil untuk melakukan penghijauan. 

Kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan Hari Gunung Nasional pada hari Ahad, (11/12/2022) kemarin, berkolaborasi dengan DLH Kabupaten dan Provinsi NTB, BPDAS HL Dodokan Moyosari, Pemerintah Desa setempat, masyarakat dan stakeholder terkait.

Kegiatan yang bertema Bersedekah Untuk Bumi itu, berupa penanam pohon sebanyak 1001 bibit. 

"Sebanyak 1001 bibit di taman dengan tema Bersedekah Untuk Bumi'," kata Ketua Panitia, Muhammad Iqbal Hariadi, melalui keterangan resminya.

Lombok Timur, lanjutnya, sesungguhnya memiliki mata air yang cukup banyak. Tetapi hanya sebagian yang di rawat. Sisanya, kata dia, terbengkalai serta sudah tidak berfungsi lagi.

Iqbal mengatakan, sebagai pemuda dan masyarakat yang memiliki pemahaman tentang alam, menurutnya, sudah saatnya bergerak bersedekah untuk bumi.

"Kita sedekah tenaga kita dengan menanam pohon demi kehidupan yang berkelanjutan," ujat Koordinator Divisi Konservasi Lingkungan Hidup Sempara Lombok Timur itu.

Salah seorang perwakilan, DLHK Provinsi NTB, Jamaludin Islam, mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu merupakan program rutin DLHK. Oleh karena itu, ia mengapresiasi kepada panitia penyelenggara.

"Kami bersyukur sekali bisa di bantu dan diwakilkan oleh teman-teman semua. Karena kami tidak langsung turun ke tempat yang kecil atau ke tempat yang tidak bisa kami jangkau" imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga pihaknya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua stake holder yang terlibat pada kesempatan itu. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama