Kalak BPBD NTB salurkan bantuan bagi korban puting beliung di Desa Tibu Sisok - OPSINTB.com | News References -->

17/11/22

Kalak BPBD NTB salurkan bantuan bagi korban puting beliung di Desa Tibu Sisok

Kalak BPBD NTB salurkan bantuan bagi korban puting beliung di Desa Tibu Sisok

 
Kalak BPBD NTB salurkan bantuan bagi korban puting beliung di Desa Tibu Sisok

OPSINTB.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, Ruslan Abdul Gani turun langsung meninjau korban angin puting beliung di Desa Tibu Sisok, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah (Loteng) pada Kamis (17/11/2022).

Selain meninjau, Ruslan yang didampingi Tim Reaksi Cepat (TRC) provinsi dan kabupaten juga membawakan bantuan pokok dasar kepada para korban.

''Pertama yang harus kita penuhi dulu kebutuhan dasarnya seperti tenda, kebutuhan bayi, selimut, dan air,'' kata Ruslan pada wartawan.

Setelah memenuhi kebutuhan dasar para korban, BPBD kemudian akan menunggu hasil asesmen dari TRC Provinsi dan Kabupaten yang kemudian akan dijadikan acuan untuk pemberian bantuan material atau bahan bangunan.

''Makanya didata dulu tingkat kerusakannya seperti apa; baru kemudian nanti diusulkan,'' imbuhnya.

Dari data BPBD Provinsi NTB, ungkap Ruslan, dalam kurun waktu sebulan terakhir pihaknya mencatat angin puting beliung di NTB sudah terjadi sebanyak 700 kali. 

''Kabupaten Lombok Utara paling sering terjadi dengan catatan hampir 400 kali, kemudian Bima dan Sumbawa juga sering. Termasuk yang hari ini juga sudah masuk data,'' ungkapnya.

Ruslan mengatakan, NTB merupakan salah satu daerah yang rawan bencana seperti tanah longsor dan angin puting beliung. Oleh sebab itu, lanjutnya, pihaknya selalu mengadakan simulasi kebencanaan dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak panik bila terjadi bencana.

''Panik itu justru nanti malah terjadi korban jiwa dan harta benda,'' katanya.

Ia mengimbau masyarakat tetap sabar menghadapi musibah ini. Pemerintah desa, kabupaten, dan provinsi pasti akan hadir memberikan bantuan kepada masyarakat.

''Yang jelas pemerintah sudah hadir, kami minta masyarakat sabar. Percayakanlah kepada pemerintah dari desa, camat, kabupaten, dan provinsi,'' imbaunya.

Plh Desa Tibu Sisok, Muhammad Zaini menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Bantuan dasar tersebut akan segera disalurkan kepada masyarakat terdampak.

''Bantuan dari BPBD ini akan segera kami salurkan dan semoga menjadi amal ibadah kita semua,'' tandasnya.

Sementara itu, dari data yang diperoleh opsintb.com, puting beliung tidak hanya menerjang Desa Tibu Sisok, tetapi terjadi juga di Desa Janapria, Desa Beleka, dan Desa Mujur Kecamatan Praya Timur.

BPBD Loteng sendiri belum bisa memastikan jumlah kerusakan secara pasti di beberapa lokasi tersebut karena TRC kabupaten masih melakukan pendataan. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama