DKP Loteng pastikan atur perahu nelayan agar tak ganggu arus kapal cepat di kawasan Pantai Kuta - OPSINTB.com | News References -->

01/11/22

DKP Loteng pastikan atur perahu nelayan agar tak ganggu arus kapal cepat di kawasan Pantai Kuta

DKP Loteng pastikan atur perahu nelayan agar tak ganggu arus kapal cepat di kawasan Pantai Kuta

 
DKP Loteng pastikan atur perahu nelayan agar tak ganggu arus kapal cepat di kawasan Pantai Kuta

OPSINTB.com - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akan melakukan pengaturan arus kapal cepat yang masuk dari Bali ke Pantai Kuta, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Loteng. Hal itu dimaksudkan untuk memberi ruang bagi para nelayan yang sudah terbiasa labuh jangkar di lokasi tersebut.

''Harus diatur dong. Pertama kan di mana posisi untuk kapal cepat; nanti nyandar di mana, untuk nelayan nanti juga nyandar di mana agar mereka tidak terganggu,'' kata Kepala DKP Loteng, Muhammad Kamrin pada wartawan di Praya, Selasa (1/11/2022).

Menurutnya, harus ada kesepahaman antara nelayan atau para penduduk dengan pihak pengelola kapal cepat yang membawa penumpang dari Bali. Sebagaimana diketahui di lokasi tersebut terdapat dermaga apung yang dimanfaatkan pengelola kapal cepat untuk menurunkan muatannya.

Ia menilai kesepahaman antara nelayan dan pengelola kapal cepat harus terjalin agar nelayan dan warga yang mendiami kampung di atas dermaga apung itu tidak merasa terganggu disebabkan hilir mudiknya muatan kapal yang datang dari Bali.

''Bisa juga kaitannya dengan sistem penjadwalan nanti di sana. Ya intinya harus ada kesepakatan dan kesepamahaman antara nelayan dengan pengelola bagaimana pemanfaatan dermaga apung itu,'' sebut Kamrin.

Lebih lanjut, Kamrin mengatakan, para pengelola kapal cepat juga tak perlu khawatir dengan adanya jaring nelayan yang tersebar di lokasi itu. Jaring-jaring itu, jelasnya, sudah mempunyai tempat tersendiri. 

Hanya saja perahu-perahu ketinting yang dipakai para nelayan untuk menangkap ikan harus diatur jalur keluar masuknya agar tak mengganggu kapal cepat.

''Artinya harus ada alur untuk haluan kapal keluar masuk itu harus ada. Kalau jaring itu sifatnya tidak tetap dan sudah ada tempat tertentu,'' pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, menjelang perhelatan WSBK di Sirkuit Mandalika 11-13 November ini, untuk memperlancar kedatangan wisatawan dari Bali, sejumlah kapal cepat diperbolehkan memasuki kawasan Pantai Kuta. 

DKP mencatat selama sepekan terakhir sudah ada beberapa kapal cepat yang bertolak dari Bali menuju kawasan Pantai Kuta. Hanya saja untuk kepastian jumlah muatan yang dibawa, tidak ada catatan pastinya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama