Bawaslu Lotim gandeng jurnalis cegah pelanggaran Pemilu 2024 - OPSINTB.com | News References -->

16/10/22

Bawaslu Lotim gandeng jurnalis cegah pelanggaran Pemilu 2024

Bawaslu Lotim gandeng jurnalis cegah pelanggaran Pemilu 2024

 
Bawaslu Lotim gandeng jurnalis cegah pelanggaran Pemilu 2024

OPSINTB.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur melaksanakan diskusi publik bersama insan pers Kabupaten Lombok Timur, Minggu (16/10/2022) di Green Orry Tetebatu.
 
Diskusi mengusung tema Penguatan Literasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024 Melalui Media Massa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lombok Timur, Retno Sirnopati pada sambutannya mengatakan, diskusi dilakukan dalam rangka mitigasi Pemilu, untuk menghindari terjadinya pelanggaran pada Pemilu 2024. 

"Mitigasi Pemilu juga sudah kita lakukan di lingkup ASN Lombok Timur," imbuhnya.

Media massa mempunyai kontribusi besar untuk mewujudkan Pemilu yang aman melalui informasi atau berita yang disampaikan. 

Pasalnya, kata dia, sampai saat ini keterbukaan informasi yang dilakukan KPU melalui media sosialnya hanya sebatas formalitas, belum berupa informasi yang bisa diakses oleh publik.

Untuk itu, diskusi bersama insan pers penting dilakukan untuk mewujudkan keterbukaan informasi yang diharapkan oleh masyarakat. Sebab Bawaslu tidak bisa kerja sendiri, membutuhkan peran setra semua stakeholder, termasuk media massa.

"Bersama media kita lakukan keterbukaan informasi terkait seluruh tahapan pengawasan sampai berakhirnya Pemilu," harapnya.

Selain itu, Retno mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan pengawasan verifikasi partai politik.

Untuk diketahui, Pemilu akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024. Sementara Pilkada tanggal 27 November 2024.

Diskusi menghadirkan narasumber  Fathurrijal, Dosen Prodi KPI dan Direktur Pusat Studi Komunikasi dan Dakwah FAI Universitas Muhammadiyah Mataram, Katua KPU Lombok Timur, serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram. Hadir juga Halidy, Wakil Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Lombok Timur.

Diskusi diakhiri dengan deklarasi bersama Bawaslu dengan Jurnalis Lombok Timur, menolak berita hoax menuju Pemilu 2024 berintegritas dan bermartabat. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama