Ingin rizki tetap lancar, jangan lakukan hal ini - OPSINTB.com | News References -->

04/09/22

Ingin rizki tetap lancar, jangan lakukan hal ini

Ingin rizki tetap lancar, jangan lakukan hal ini

 
Ingin rizki tetap lancar, jangan lakukan hal ini

Foto : Ilustrasi (pixabay.com) 

OPSINTB.com - Semua orang menginginkan rizkinya mengalir deras. Jika tidak kadang orang bakal cenderung mengkambing hitamkan keadaan, bahkan dampak buruknya ialah cepat tersulut emosi.

Sebenarnya, rizki bukan saja soal numpuknya harta, namun segala pemberian Tuhan atas diri manusia.

Menueut Syeikh Ibrahim Bin Isma'il Al-Zarnuji dalam kitab Ta'limul Muta'allim menerangkan, adanya indikator kesalahan diri sendiri. Ada tiga hal yang sering menjadi kelalaian manusia. Berikut penjelasannya:

1. Tidur Setelah Subuh

Kebiasaan satu ini pasti banyak orang yang mengalami. Lantaran itu, kelaziman satu ini sebisa mungkin harus dihindari. Sebab jika tidur setelah subuh, maka tidak akan memperoleh keberkahan.

Nabi Muhammad SAW pun mendoakan waktu pagi adalah waktu yang penuh dengan berkah. Rasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan:

"Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka," seperti dikutif dari, HR Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi.

2. Terlalu Lama Tidur

Tidur terlalu lama dapat menimbulkan rasa malas dan kebiasaan membuang-buang waktu. Hal ini dinyatakan oleh Ibnu Qayyim rahimahullah yang mengatakan,

"Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan…," dalam Zaadul Ma’ad, 4/222.

Ketika seseorang tidur terlalu lama, metabolisme tubuh yang seharusnya mulai bekerja menjadi terhambat. Buntutnya ketika terbangun tubuh akan terasa lemas, bahkan paling parah tak terasa segar. 

Di lain sisi, terlalu lama tidur juga bakal menghambat produktifitas. Kenapa banyak orang kecewa lantaran aktivitas hari itu tak tercapai.

3. Ingkar terhadap aturan Allah

Larangan yang ketiga ini, semua orang beragama pasti mengetahuinya. Namun demikian, sering kali dilanggar.

Salah satunya yakni melakukan maksiat. Lawan dari kata ini sendiri taat. Dan melakukan perbuatan maksiat sudah barang tentu akan mendapat ganjaran dosa.

Untuk menghindari itu, setiap orang perlu memiliki sikap wara' atau sikap kehati-hatian. Lantaran perbuatan maksiat sangat banyak ragam dan macamnya.

Orang yang sering berbuat maksiat, maka akan terhalang dari mendapat keberkahan. Hidup pun akan gelisah dan Allah SWT akan mempersulit semua urusan.

Dan sudah barang tentu seorang muslim akan mengalami bencana, baik di dunia berupa seretnya rizki maupun di akhirat berupa siksaan yang pedih, jika dia berbuat maksiat.

Ini sesuai dengan Firman Allah SWT yang menyimpulkan, "Jika engkau bersyukur maka akan Kutambah nikmat-KU, dan jika engkau ingkar, maka akan Kucabut nikmat itu dan akan Kusiksa".

Itulah tiga hal yang menurut Syeikh Ibrahim Bin Isma'il Al-Zarnuji dalam kitab Ta'limul Muta'allim, semoga kita semua bisa terhindar, Aamiin. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama