Di acara Harhubnas, Sukiman dukung inovasi Perhubungan - OPSINTB.com | News References -->

17/09/22

Di acara Harhubnas, Sukiman dukung inovasi Perhubungan

Di acara Harhubnas, Sukiman dukung inovasi Perhubungan

 
Di acara Harhubnas, Sukiman dukung inovasi Perhubungan

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menghadiri puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Provinsi NTB, Sabtu (17/9/2022) di Pelabuhan Kayangan.

Pada kesempatan itu bupati menyoroti kondisi jalan, utamanya yang berstatus jalan provinsi di Lombok Timur. Diharapkannya, sebagai bagian dari pelayanan, kondisi jalan yang kerap dikeluhkan masyarakat tersebut dapat menjadi perhatian pemerintah provinsi demi keamanan, kenyamanan, serta keselamatan masyarakat. 

"Semoga sarana dan prasarana perhubungan yang ada di Lombok Timur dapat memberikan daya ungkit terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," harap Bupati Sukiman.

Kaitannya dengan itu, ia mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemprov NTB, di antaranya kerja sama antara PT ASDP dan perusahaan penyedia layanan penyeberangan serta Dekranasda yang mengakomodasi produk-produk UMKM Lombok Timur untuk ditampilkan dan disediakan di cafeteria kapal.

Kerja sama itu dinilai selaras dengan tema Harhubnas tahun 2022, yaitu Bangkit Maju Bersama. Bentuk kerja sama serupa diharapkan dapat pula diterapkan untuk kegiatan-kegiatan lainnya, termasuk pembangunan infrastruktur perhubungan yang dapat meningkatkan akses dan keterhubungan di Provinsi NTB. 

"Komitmen Pemda Kabupaten Lombok Timur mendukung terobosan dan inovasi untuk kelancaran sektor perhubungan," tegas bupati dua periode itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Muhammad Faozal menyampaikan bahwa peringatan Harhubnas tahun ini dibuat berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. 

Tahun ini pihaknya berupaya melakukan kegiatan bersama seluruh mitra perhubungan demi menyelesaikan berbagai persoalan yang dinilai menjadi hambatan dalam keamanan, kenyamanan dan keselamatan transportasi. Tidak saja melalui kegiatan yang terkait langsung dengan aspek perhubungan, melainkan pula melalui bakti sosial, hingga vaksinasi.

Faozal juga sempat menyinggung keberadaan Pelabuhan Kayangan sebagai salah satu pelabuhan yang sehat. Karena itu pula Pemerintah bersama ASDP akan melakukan penataan secara keseluruhan pelabuhan ini. Juga memastikan pemberlakukan standar CHSE (kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan) di semua kapal yang melayani penyeberangan Kayangan-Poto Tano.

Pada kesempatan itu dilakukan pula penandatanganan prasasti operasional PT DAK dan pencanangan penataan pelabuhan kayangan, penyerahan Charging Box, hingga penyerahan bantuan sembako bagi masyarakat sekitar. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama