Menteri Risma hadiri acara puncak HAN 2022 di Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

01/08/22

Menteri Risma hadiri acara puncak HAN 2022 di Lombok Timur

Menteri Risma hadiri acara puncak HAN 2022 di Lombok Timur

 
Menteri Risma hadiri acara puncak HAN 2022 di Lombok Timur

OPSINTB.com - Acara puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022 jatuh pada tanggal 23 Juli, dirayakan hari ini, Senin (01/08/2022) di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Sosial Tri Rismaharini, para Pejabat Tinggi Madya, dan pejabat terkait Kementrian Sosial, Bupati Lombok Timur Sukiman Azmi dan jajaran Forkompinda Kabupaten Lombok Timur.

Tema hari HAN 2022 adalah "Anak Terlindungi Indonesia Maju" dan tagline "Anak Indonesia Hebat". Tema bermakna memotivasi anak Indonesia agar mempunyai cita-cita yang tinggi.

Dalam sambutannya, Menteri Risma mengatakan, rangkaian perayaan HAN 2022 berlangsung di 17 titik terdiri dari 5 kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, 10 titik komunitas di kawasan 3T dan 2 titik di Sentra dan Sentra Terpadu Kemensos.

"HAN 2022 diharapkan menjadi momen anak-anak dari seluruh Indonesia saling berkomunikasi," kata Risma.

Komunitas yang menjadi lokasi HAN 2022 adalah, Suku Anak Dalam di Jambi, Suku Baduy Banten, Suku Laut Pulau Bertam Kepulauan Riau, Suku Asmat Papua Erosaman, Suku Asmat Papua Amagais, Suku Asmat Papua Asatat, anak di wilayah perbatasan Sebatik Nunukan, Kota Kecil Wini (Timur Tengah Utara), Suku Dayak Meratus, dan pengungsi Majene. Sentra Terpadu Soeharso di Solo dan Sentra Antasena Magelang ditetapkan menjadi lokus lembaga. 

"Rangkaian kegiatan HAN sudah dilakukan di antaranya Sentra Alyatama Jambi memberikan bantuan bis sekolah. Pembangunan sekolah di Majene, bantuan kapal penyebrangan anak sekolah di Pulau Bertam, komputer dan laptop di Wini, 100 unit sepeda di Kabupaten Sarmi Papua, dan penguatan community center untuk anak-anak di Suku Dayak Meratus," pungkasnya.

Sementara, lanjutnya, kegiatan bidang kesehatan berupa imunisasi, vaksin, pemeriksaan dan pemasangan kacamata dan alat bantu dengar, dan khitanan massal. Layanan fisioterapi disiapkan Sentra Terpadu Soeharso Solo.

Lomba berupa panjat dinding dan belajar memanah di Sentra Antasena Magelang. Kegiatan seni berupa membuat kerajinan khas daerah.

Bekerja sama dengan Dinas Dukcapil, Kemensos menghadirkan layanan pembuatan dan pembaharuan identitas kependudukan.

Kampanye sosial tentang stop kekerasan terhadap anak, cegah perkawinan anak dan pengasuhan yang baik kepada anak. "Kampanye bertujuan mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang tua dan masyarakat," pungkas Risma. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama