Dispertanak Loteng perpanjang uji coba pembukaan pasar hewan - OPSINTB.com | News References -->

29/08/22

Dispertanak Loteng perpanjang uji coba pembukaan pasar hewan

Dispertanak Loteng perpanjang uji coba pembukaan pasar hewan

 
Dispertanak Loteng perpanjang uji coba pembukaan pasar hewan

OPSINTB.com - Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akan memperpanjang uji coba pembukaan pasar hewan. Uji perpanjangan akan dilakukan selama dua minggu, pasca dibuka 20 Agustus lalu.

Hal tersebut dilihat berdasarkan rasio perbandingan hewan sakit dan hewan sehat yang semakin meningkat. Dari hasil pantauan terakhir, rasio kesembuhan hewan 13 berbanding 1.

''Artinya dari 13 populasi cuma ada 1 yang sakit,'' kata Kepala Dispertanak Loteng, Taufikurrahman Fuan Note pada wartawan, Senin (29/8/2022).

Namun, lanjutnya, pembukaan pasar hewan secara umum perlu dilakukan lagi uji coba tahap kedua. Pihaknya tidak berani mengambil keputusan untuk membuka pasar hewan.

Sementara, untuk hewan yang terdeteksi sakit di area pasar akan dilakukan screening dan dipisahkan untuk diberikan pengobatan secara gratis. 

Pihaknya telah menyiapkan tim dokter hewan yang terdiri dari 6 orang dokter dan 2 paramedis untuk melakukan screening.

''Begitu kalau ditemukan gejala sakit langsung dikarantina, diobati gratis, langsung dibawa pulang,'' ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, para pedagang yang merugi akibat PMK akan mendapatkan kompensasi dari Dispertanak. Ia mengaku saat ini sedang dalam proses penyelesaian administrasi yang melibatkan pihak inspektorat sebagai tim validasi.

''Nanti kalau sudah lengkap, ada surat visum dari dokter hewan setempat baru nanti diajukan administrasi ke satuan kerja di provinsi untuk diberikan penggantian,'' aku Rahman. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama