Bang Zul : Khusus KSB, kita punya ekspektasi yang lebih - OPSINTB.com | News References -->

05/08/22

Bang Zul : Khusus KSB, kita punya ekspektasi yang lebih

Bang Zul : Khusus KSB, kita punya ekspektasi yang lebih

 
Bang Zul : Khusus KSB, kita punya ekspektasi yang lebih

OPSINTB.com - Roadshow industrialisasi, diawali di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), karena daerah yang paling mungkin melaksanakan industrialisasi terlebih dahulu adalah KSB. Karena ada PT Aman Mineral yang akan siap mendukung penguatan pelaku usaha.

Hal tersebut disampaikan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat mengawali road show tentang industrialisasi, Kamis (4/8/2022) di Sentra IKM Poto Tano KSB.

"Khusus KSB, kita punya ekspektasi yang lebih, karena industri besar ada di sini," kata Gubernur didampingi Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) H W Musyafirin.

Menurut Gubernur, dibutuhkan kepiawaian Bupati KSB, untuk memaksa PT Aman terlibat dalam proses industrialisasi, secara langsung atau tidak langsung. Karena dalam dunia bisnis, industrialisasi terlalu lama dan prosesnya panjang. Karena kadang-kadang dunia usaha tidak mau repot untuk ikut terlibat.

"Tugas Pemerintah, baik Gubernur maupun Bupati, membujuk perusahaan besar mempelopori, agar mau membatu para  UMKM-UMKM di daerah," kata dia.

Selain itu, ditegaskan Bang Zul sapaan populernya, bahwa PT Aman juga harus memberikan kesempatan kepada pengusaha lokal. Walaupun jauh kualitas dan harga dibanding dengan pengusaha luar. Namun kesempatan pengusaha lokal, untuk terus belajar lebih baik dan bersaing, itu jauh lebih penting.

Oleh sebab itu, pembangunan Smelter di KSB harus menjadi kepastian. Tidak boleh tidak, tapi harus segera dimulai dan diteruskan. Karena sekali bahan baku diolah disini, akan mengundang industri turunan lainnya. Apalagi tambah Gubernur pada akhir tahun ini,  akan dilakukan proses pembangunan bandara di KSB. 

"Kita juga harus bersahabat dengan investor. PT. Aman harus dipastikan nyaman di tempat kita. Mereka harus senang melakukan usahanya dan beroperasi di tempat kita," pesan Doktor Zul.

Namun pada saat bersamaan, harus mampu meyakinkannya untuk melakukan pendalaman struktur atau intervensi pada produk UMKM yang memiliki nilai tambah, untuk produk masyarakat.

Ia juga mengingatkan agar PT Aman jangan mereduksi bisnisnya hanya semata sebagai mesin pencari uang, tapi harus membangun relasi yang konstruktif dengan masyarakat.

"Maka kalau kita berjalan bersama, maka masyarakatlah yang melindungi perusahaan. Untuk mewujudkan masyarakat NTB dan KSB yang lebih baik,"pesan pria kelahiran Sumbawa.

Jadi sinergi dan kolaborasi Bupati KSB bersama PT Aman Mineral mampu mewujudkan industrialisasi di KSB. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama