Kadispar Lotim tengok kesiapan Event Mountain Bike di Bornong Bike Park - OPSINTB.com | News References -->

Sabtu, 02 Juli 2022

Kadispar Lotim tengok kesiapan Event Mountain Bike di Bornong Bike Park

Kadispar Lotim tengok kesiapan Event Mountain Bike di Bornong Bike Park

 
Kadispar Lotim tengok kesiapan Event Mountain Bike di Bornong Bike Park

OPSINTB.com - Kepala Dinas Pariwisaa Kabupaten Lombok Timur, meninjau kesiapan event Mountain Bike yang akan digelar bertepatan dengan hari jadi Lotim ke 127, pada Agustus mendatang. 

Kegiatan itu akan digelar di Bornong Bike Park Sempur, Desa Aik Prapa, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur.

Kedatangan Kadispar Lotim, Iswan Rachmadi bersama rombongan yakni untuk melihat kesiapan Pemuda Sempur, Desa Aikprapa, Kecamatan Aikmel terkait event Mountain Bike pada Agustus 2022 mendatang. 

Kepala Dinas Pariwisata, Iwan Rachmadi mengatakan, Gumi Patuh Karya hendak memperingati hari jadi Lotim ke 127 Agustus mesatadatng. Kedatannnya itu, jelasnya, untuk melihat lansung persiapan pemuda setempat.

"Rencana akan dimeriahkan oleh event Mountain Bike tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat di Bornong Bike Park Sempur tepatnya Agustus 2022 mendatang," kata Iwan Rachmadi, Sabtu (2/7/2022).

Melihat banyaknya destinasi di wilayah itu, tak menutup kemungkinan desa tersebut bisa menjadi salah satu desa wisata pilihan pengunujung. Namum demikian kesemuanya tak lepas dari kreativitas pemuda setempat, serta dukungan berbagai kalangan. 

Baik pemuda, Pemerintah Desa (Pemdes) hijngga Pemprov. Yang tak kalah penting juga dengan stackholder yang lain, terutama menyangkut kesuksesan event tersebut.

Dengan adanya Event itu diharapkan rumah-rumah warga setempat dapat dimanfaatkan sebagai penginapan peserta, yang datang dari luar Lotim. Dengan demikian, prekonomian masyarakat desa meningkat. 

"Peserta dari jauh tidak mungkin pulang pergi, Panitia nanti harus memikirkan itu untuk memanfaatkan rumah warga sebagai tempat penginapan," ujarnya.

Bornong Bike Park disebut Iswan, ialah ikon  ekoturism. Yakni kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya, dan ekonomi masyarakat lokal. Lantaran itu, dirinya berharap penyelenggaraan itus bisa berkelanjutan.

"Pemuda dan pemerintah Desa dapat menggarap potensi-potensi wisata lain yang ada di Desa Aik perapa," bebernya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Bornong Bike Park Pempur, Hamzanwadi, mengapresiasi Dinas Pariwisata Lotim dan pihak terkait yang menyempatkan diri berkunjung ke lokasi itu. Kedatang mereka disebutnya bagian dari turut andil mensukseskan event Mountain Bike pada Agustus mendatang. 

Pihaknya saat ini, tengah menyiapkan semua kebutuhan kesuksesan event nantinya. Mulai dari pembuatan lintasan baru, dan sarana dan prasaran lainnya serta mencari sponsor yang berkenan mensuport gelaran tersebut. 

"Kami sudah bentuk kepanitiaan mengenai event ini dengan melibatkan pemuda dan tokoh masyarakat serta Pemdes, tapi mengenai hari H acara belum berani kami tentukan," terang Hamzan.

Dia menyebut, kendala yang dihadapi saat ini adalah legalitas Bornong Bike Park. Sebab izin pengelolaan lokasi jadi lokasi wisata merupakan wewenang dari TNGR.

"Kami sedang menunggu izin pengelolaan kawasan wisata ini dari TNGR," ungkapnya.

Kepala seksi wilayah 2 TNGR Lotim, Rio Wibawanto, mengatakan timnya sudah selesai mengkaji lokasi wisata alam di lokasi sesuai izin yang diajukan.

Dari hasil kajian, bebernya, dari delapan standar pengelolaan kawasan sebagai wisata hanya lima terpenuhi. Tiga kriteria liannya belum bisa terpenuhi, tapi sisanya dapat dilengkapi sambil jalan. 

"Legalitas Bornong sedang proses, kami usahakan secepatnya keluar," terang Rio, saat menemani Kadispar meninjau lokasi event di borong bike park. 

Dari segi pemanfaatan lokasi disebutnya tak ada masalah. Sebab, destinasi ini berada di zona pemanfaatan tradisonal dan daerah konservasi. 

Lantaran itu, pengelola nantinya memperhatikan lingkungan. Dengan menanam pohon baik jenis kayu maupun buah-buahan. 

"Kami dukung event pada bulan Agustus mendatang, sekalian acara peresmian Borong Bike Park," pungkasnya.

Pada kesempatan itu hadir, staf Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Pemdes Aik Prapa, dan Pemuda pengelola Bornong Bike Park, serta sejumlah tokoh masyarakat desa setempat. (hk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama