Dikes Lotim harap Nakes terus upgarde skill - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 05 Juli 2022

Dikes Lotim harap Nakes terus upgarde skill

Dikes Lotim harap Nakes terus upgarde skill

 
Dikes Lotim harap Nakes terus upgarde skill

OPSINTB.com - Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, Pathurrahman, meminta agar tenaga kesehatan (Nakes) terus mengupgrade skillnya. Sehingga bisa memberikan pelayanan yang optimal khususnya di Lotim.

"Karenakan pelayanan kesehatan itu diberikan oleh Tenaga Kesehatan, nah Kesehatan itu seperti apa?," kata Pathurrahman, Selasa (5/7/2022).

Di Lotim, kata dia, terdapat beberapa point penting yang harus diperhatikan. Yakni pertama Sumber Daya Manusia (SDM), kedua sarana, ketiga prasarana termasuk alat kesehatan dan yang lainnya.

Penguatan SDM kesehatan ini disebutnya sangat penting karena menyangkut knowledge and skill yang memadai. Untuk membangun itu pihaknya melakukan kerjasama dengan lembaga kesehatan dunia, yakni Unicef.

"Kemarin itu kita bekerja sama dengan Unicef dalam rangka menguatkan Sumber Daya Manusia kesehatan," terangnya.

Dengan upaya itu, dirinya berharap Nakes di Lotim bisa memperbaharui pengetahuannya. Sebab, ucap dia, SDM merupakan hal yang sangat penting untuk terus ditingkatkan.

Permasalahan-permasalahan penting, lanjut Pathurrahman, harus diingat. Semisal pemberian pelayanan, pengobatan, dan perawatan yang baik kepada masyarakat.

Persoalan itu disebutnya yang harus ditingkatkan. Nakes, imbuhnya, jangan cepat puas dengan kemampuan yang dimiliki saat ini.

"Jadi harus selalu berupaya meningkatkan kemampuannya itu," terangnya.

Menurutnya, penyakit masih dirasakan masyarakat saat ini ialah seperti hegemoni, diare, dan penyakit tidak menular lainnya, seperti penyakit jantung, impotensi dan yang lainnya.

Penguatan SDM itu, tak hanya di Puskesmas namun juga di internalnya sendiri. Khususnya bagi Nakes di Gumi Patuh Karya.

Peningkatan itu bisa ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan berdiskusi di sela waktu senggang. Juga dapat bisa melalui pelatihan dengan sesama di Puskesmas, maupun di kabupaten lain.

Ke depan pihaknya juga akan mencari mitra-mitra seperti Unicef untuk melakukan pertemuan, pelatihan, dan workshop untuk meningkatkan pengetahuan. 

"Kami di Dinas Kesehatan akan mencari mitra-mitra seperti Unicef untuk melakukan pertemuan-pertemuan,  pelatihan-pelatihan maupun workshop untuk meningkatkan pengetahuan mereka," tutupnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama