Tenang! Lombok Timur masih aman dari virus rabies - OPSINTB.com | News References -->

22/06/22

Tenang! Lombok Timur masih aman dari virus rabies

Tenang! Lombok Timur masih aman dari virus rabies

 
Tenang, Lotim masih aman dari virus rabies

OPSINTB.com - Di tengah longgarnya pemberlakuan kegiatan masyarakat lantaran bahaya Covid 19, kini pemerintah harus difokuskan oleh bahayanya virus pada hewan yakni PMK dan rabies.

Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah yakni dengan menghentikan lalu lintas pemeliharaan hewan antar provinsi. Sebab kondisi itu hendak memicu penularan tersebut. 

Dinas Kesehatan Hewan Lombok Timur melalui Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Vitriner, Hultatang mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah memutus lalu lintas pemeliharaan hewan antar pulau.

"Provinsi sudah tidak mengizinkan adanya lalu lalang hewan antar Pulau," kata Hultatang, Selasa (21/06/2022).

Penghentian dilakukan untuk mengantisipasi kondisi kejadian luar biasa (KLB). Lantaran virus satu ini dapat menular ke manusia melalui gigitan dan air liur hewan, hingga bisa menyebabkan kematian.

Lantaran alasan itu, Pemprov menghentikan kegiatan pertukaran hewan untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut. Kebijakan itu dikeluarkan, buntut ditemukannya kasus di Dompu.

"Masyarakat di sana dominan memelihara Anjing liar untuk menjaga kebunnya dari serangan Babi. Bahkan pemilik lahan berani membeli dari luar Pulau Sumbawa," bebernya

Populasi anjing liar di wilayah itu disebutnya begitu signifikan, sehingga berfokus dilakukannya uji laboratorium.  Dari hasil identifikasi, pada hewan tersebut didapati ada kesamaan dengan di Pulau Bali. 

Ia mengungkap, ciri hewan yang terinfeksi yakni cenderung tipikalnya galak. Meski tak diganggu, tetap menyerang atau menggigit. 

Sementara hewan yang memilik karakter galak yang disebabkan karena situasi, kecil kemungkinan membawa virus. Seperti yang terjadi di Desa Tirtanadi, kecamatan Labuan Haji.

"Di gigit anjing galak, tapi setelah di lakukan uji laboratorium hasilnya negatif. Untuk saat ini Lombok Timur masih aman dari Virus ini, namun penting di waspada juga," pungkasnya. (hk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama