Fix! MTQ ke-XXIX di Lotim siap digelar - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 23 Juni 2022

Fix! MTQ ke-XXIX di Lotim siap digelar

Fix! MTQ ke-XXIX di Lotim siap digelar

 
Fix! MTQ ke-XXIX di Lotim siap digelar

OPSINTB.com - Gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXIX Provinsu Nusa Tenggara Barat yang akan dilaksanakan 29 Juni hingga 6 Juli mendatang di lapangan umum Gotong Royong Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, tinggal menghitung hari. Semua persiapan pun dimatangkan.

Sekda Lotim yang bertindak sebaai Ketua Panitia MTQ XXIX, HM Juaini Taofik mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) sudah siap untuk menyukseskan acara tersebut. Menurutnya berbagai perlengkapan yang terus dikerjakan, baik lokasi, tempat penginapan peserta hingga transportasinya.

"Kemungkinan hari Senin kami sudah mulai memasang spanduk di beberapa titik," ucap HM Juaini Taofik, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2022).

Ia merincikan, ada berbagai rangkaian acara pembukaan untuk menyambut acara tahunan Pemprov tersebut yang di mai tanggal 28 Juni 2022. Seperti pawai ta'aruf yang diikuti oleh kontingen dari 10 kabupaten kota, satuan pendidikan tingkat SMP dan SMA, serta beberapa OPD terkait, yang nantinya start Terminal Pancor yang finish di Pendopo Bupati.

Sementara untuk acara malamnya, bebernya, akan diadakan malam ta'arruf yang akan diadakan dikantor Bupati, yang diikuti oleh semua kafilah. Yang  jika ditotalkan berjumlahnya 900 orang termasuk peserta, official dan dewan hakam.

Untuk pegelaran pembukaan itu, kata Ofik, panitia telah menyiapkan beberapa tempat. Seperti di lapangan umum Masbagik, Masjid Jami' Al Akbar Masbagik, Attaqwa Pancor, Al Mujahidin Selong, Masjid Dasan Lekong, Gedung Wanita hingga BLK Internasional.

"Sementara kesepian armada transportasi yang akan mengangkut rombongan kafilah dan pendampingnya sudah kita siapkan," ucapnya.

Sekda mengaku telah menyiapkan semua kendaraan dinas (Randis) semua OPD dengan sistem pembagian tugas. Seperti Kafilah yang dari Sumbawa nantinya akan diback up oleh tiga OPD yakni Dikbud, Dispar, dan Dispora. Sementara tanggung jawab transportasi di serahkan kepada masing-masing kepala dinas.

Ia mengatakan, sesuai dengan harapan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, menginginkan pelaksanaan kegiatan tersebut berdampak besar bagi generasi muda.

"Dapat lebih mencintai Alqur'an, dengan terus menambah semangat mereka untuk belajar Al Qur'an," terangnya.

Selain itu, imbuh Sekda, orang nomor satu di Gumi Patuh Karya juga berharap memberikan dampak Positif bagi para pelaku UMKM di Lotim, khususnya di Masbagik. 

Oleh sebab itu, jelasnya, secara umum Bupati harapkan penyelenggaraan MTQ ini bisa sukses meski ditengah keterbatasan. Tapi bisa dilaksanakan dengan optimal, yang tak kalah penting disebutnya semoga di MTQ ini Lotim bisa meraih juara satu. 

Dirinya menghimbau, agar masyarakat bisa terus berperan dalam mensukseskan dengan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Terlebih bagi para pimpinan LPTQ di Masing-masing Desa dan Kecamatan agar mengkordinir generasi milenial untuk menonton, menyimak penampilan setiap peserta MTQ, serta bisa mengambil pelajaran dari kegiatan tersebut.

"Nanti Qori'-Qori' ini kita harapkan masuk ke arena Qori', yang Tahfiz masuk ke arena tahfiz supaya anak-anak kita bisa belajar dari sana juga," tutupnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama