Penerima beasiswa NTB didominasi pulau tertentu? - OPSINTB.com | News References -->

17/05/22

Penerima beasiswa NTB didominasi pulau tertentu?

Penerima beasiswa NTB didominasi pulau tertentu?

 
Penerima beasiswa NTB didominasi pulau tertentu?

OPSINTB.com - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Najamuddin Amy menegaskan, tidak benar jika dikatakan sebaran penerima beasiswa NTB lebih didominasi pulau tertentu

Dia memaparkan, dari 454 awardee yang sudah dikirim ke luar negeri, sebarannya per kabupaten/kota adalah, Mataram 85, Lobar 62, Loteng 58, KLU 8, Lotim 98, KSB 21, Sumbawa 68, Dompu 14, Kota Bima 15, dan Kabupaten Bima 25.

Lebih lanjut dia menjelaskan, proses perekrutan penerima atau awardee beasiswa NTB yang selama ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan Provinsi NTB (LPPNTB) dilakukan secara terbuka dan transparan melalui seleksi online dan offline.

Menurutnya, tahapan seleksi dilakukan seadil mungkin dan penerima beasiswa merata berasal dari berbagai kabupaten dan kota di NTB," tegas Najam, Senin (16/5/2022) di Mataram.

Lebih jauh dipaparkan, proses penyeleksian beasiswa NTB sendiri melalui beberapa tahapan. Di antaranya, Pendaftaran Online yang mana Calon Awardee mendaftarkan diri melalu website resmi LPPNTB https://lppntb.com, maupun melalui link yang sudah disediakan langsung oleh tim Beasiswa NTB.

Setelah itu akan dilakukan Seleksi Berkas. Setiap berkas yang diupload pada form pendaftaran diseleksi dan divalidasi. Calon awardee yang lulus seleksi berkas diumumkan melalui laman resmi LPPNTB untuk melanjutkan ke tahap Seleksi Wawancara. Calon awardee yang lulus seleksi wawancara diumumkan melalui laman resmi LPPNTB dan dinyatakan sebagai Awardee Beasiswa NTB. Hingga tahap Penempatan Kampus, persiapan keberangkatan, dan keberangkatan dilakukan seterbuka mungkin.

Sementara itu, terkait persoalan  bahwa program beasiswa yang dikatakan tidak berbasis kewenangan karena urusan pendidikan tinggi adalah kewenangan pusat. Doktor Najam, menanggapi, obyek anggaran Program beasiswa NTB  adalah masyarakat NTB yang menerima beasiwa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Program beasiswa itu sendiri ada kode rekeningnya yang dibuat berdasarkan persetujuan Kemendagri alias tidak bisa dibuat seenaknya oleh daerah. 

"Jadi yang dibiayai itu bukan lembaga pendidikan tinggi atau penyelenggaraan urusan pendidikan tinggi," tandasnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama