Di hadapan seluruh pimpinan OPD, bupati beberkan PR Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

17/05/22

Di hadapan seluruh pimpinan OPD, bupati beberkan PR Lombok Timur

Di hadapan seluruh pimpinan OPD, bupati beberkan PR Lombok Timur

 
Di hadapan seluruh pimpinan OPD, bupati beberkan PR Lombok Timur

OPSINTB.com - Ukuran keberhasilan pembangunan adalah dari sudut pandang masyarakat, sementara masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda mulai dari kesehatan, pendidikan, irigasi, hingga peningkatan pendapatan perkapita. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy pada rapat koordinasi yang digelar pada Selasa (17/5/2022) di Rupatama 1 kanor bupati setempat.

Terkait hal tersebut, bupati menyadari, pemda dalam kondisi seperti saat ini yang serba terbatas sebagai dampak pandemi belum dapat memenuhi kebutuhan semua pihak, apalagi terkait pembangunan fisik. "Karena itu pemda harus mengoptimalkan dana serta berbagai program yang ada untuk memenuhi harapan masyarakat," imbuhnya.

Di hadapan seluruh pimpinan OPD yang hadir pada rapat, bupati menyebut sejumlah program yang harus diperhatikan seperti penataan Ekas. Terkait ini diingatkannya masih belum tersedianya litrik dan air bersih bagi 63 unit rumah yang akan dimanfaatkan untuk relokasi nelayan, yang sebelumnya menempati sempadan pantai. Bupati juga memerintahkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) untuk merapikan Keramba Jaring Apung (KJA) untuk menciptakan pemandangan yang lebih elok.

"Terkait kebutuhan air bersih warga selatan dan Sembalun, saya meminta proses lelang dapat segera dilaksanakan sehingga pengerjaannya dapat segera dituntaskan," kata bupati.

Masih terkait air bersih, diingatkannya pula untuk memanfaatkan kembali mata air Ambung untuk PDAM.

Menjadi perhatian Bupati pula adalah kurangnya penerangan jalan di Kota Selong dan sekitarnya. Kondisi penerangan di ruang terbuka publik program KOTAKU di Pancor juga termasuk di dalamnya.

Tidak itu saja, pengelolaan sampah turut menjadi penekanan Bupati Sukiman. Ia melihat tempat pembuangan akhir (TPA) menjadi kebutuhan masyarakat di kawasan selatan, pun di kawasan utara. Dengan demikian sampah dari dua kawasan tidak perlu dibawa jauh hingga ke TPA Ijobalit.

Selain menyoroti kesiapan pelaksanaan MTQ, program peningkatan IPM Lombok Timur yang menjadi fokus pada 2022 hingga 2023 mendatang juga dimintai perkembangannya, khususnya menyangkut usia lama sekolah melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Upaya ini nantinya akan melibatkan guru yang akan mendata masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing yang berusia di atas 20 tahun dan belum menuntaskan pendidikannya.

"Saya meminta kepedulian semua pihak terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat, dengan saling mengingatkan ketika menemukan masalah dalam pelayanan," tegas sukiman menutup arahannya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama