Kadis PMD Lotim dorong BPD dan Pemdes bersinergi bangun desa - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 06 April 2022

Kadis PMD Lotim dorong BPD dan Pemdes bersinergi bangun desa

Kadis PMD Lotim dorong BPD dan Pemdes bersinergi bangun desa

 
Kadis PMD Lotim dorong BPD dan Pemdes bersinergi bangun desa

OPSINTB.com - Camat Wanasaba Yusri atas nama Bupati Lombok Timur melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tembeng Putik Kecamatan Wanasaba masa jabatan 2022-2028, Rabu (6/4/2022) bertempat di Aula Kantor Desa Tembeng Putik (06/04).

Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan keputusan Bupati Lombok Timur Nomor : 188.45.K/14/PMD/2022 tentang pemberhentian anggota BPD Tembeng Putik periode 2016-2022 dan pengangkatan anggota BPD Tembeng Putik periode 2022-2028 yang proses dan tahapan pemilihannya telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

Muhammad Hairi, Kadis PMD Lombok Timur dalam arahannya mengatakan, fungsi dari BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Untuk itu ia meminta kepada Pemdes Tembeng Putik dan anggota BPD yang baru dilantik untuk bersinergi membangun masyarakat serta melaksanakan pembangunan desa untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, ia juga menekankan agar BPD dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pengingat bagi kepala desa, "jika Kades ada kesalahan atau khilaf, BPD dapat mengingatkan Kades dengan cara yang baik, tidak sedikit-dikit melaporkan ke Dinas PMD, Inspektorat, minta klarifikasi dan ingatkan beliau," pintanya.

Lebih lanjut, Hairi menambahkan, BPD bersama-sama dengan kepala desa harus mampu menciptakan iklim yang kondusif, dengan demikian kepercayaan masyarakat terhadap BPD tumbuh dan masyarakat dapat merasakan manfaat yang sebesar-besarnya dari pelayanan yang diberikan oleh BPD bersama kelembagaan lainnya di desa.

Pada kesempatan tersebut, Hairi mengingatkan serta mendorong Pemdes Tembeng Putik untuk segera mengambil langkah-langkah untuk segera menyelesaikan dokumen Anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2022 serta mematuhi ketentuan pemerintah dalam penggunaan dana desa.

"Setelah pelantikan ini tolong segra tindak lanjuti APBDes dan jangan lupa ketentuan penggunaan 40 persen umtuk BLT, 20 persen untuk ketahanan pangan serta 8 persen untuk pencegahan Covid-19," imbuhnya.

Turut hadir pada acara pelantikan, beberapa Kabid DPMD Lombok Timur, Sekcam dan Kasi PMD Kecamatan Wanasaba, Kapolsek Wanasaba, TPP Kecamatan Wanasaba, para tokoh agama dan perwakilan masyarakat.

Selesai dilantik, anggota BPD Tembeng Putik langsung melakukan rapat pemilihan unsur pimpinan dan memutuskan Hambali selaku ketua BPD, wakil ketua Hasnan dan Sekretaris Suhandi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama