Jelang Idul Fitri, Ketua DPR RI Puan Maharani salurkan 21.000 paket beras premium - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 28 April 2022

Jelang Idul Fitri, Ketua DPR RI Puan Maharani salurkan 21.000 paket beras premium

Jelang Idul Fitri, Ketua DPR RI Puan Maharani salurkan 21.000 paket beras premium

 
Jelang Idul Fitri, Ketua DPR RI Puan Maharani salurkan 21.000 paket beras premium

OPSINTB.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meringankan beban masyarakat NTB menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Melalui aksi "Ramadan Berbagi", putri Presiden ke-5 Republik Indonesia Hj Megawati Soekarnoputri tersebut membagikan 21.000 paket sembako berupa beras premium untuk masyarakat Bumi Gora.

Bantuan beras tersebut disalurkan Puan Maharani melalui Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan NTB 2/Pulau Lombok, H Rachmat Hidayat yang sedang menggelar reses sebagai wakil rakyat. Bantuan tersebut disalurkan secara serentak, Rabu (27/4/2022). Untuk Pulau Lombok saja, total ada 21.000 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang bermukim di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara.

Rachmat memulai penyaluran bantuan tersebut secara serentak dari Kabupaten Lombok Timur. Daerah otonom dengan populasi penduduk terbesar di NTB ini juga sekaligus sebagai daerah yang mendapat alokasi bantuan terbesar. Di Gumi Patuh Karya, sedikitnya 17.000 paket bantuan beras bergambar Mbak Puan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Mbak Puan membagikan beras premium ini untuk membantu masyarakat yang menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, kebutuhannya meningkat," kata Rachmat Hidayat.

Ketua DPD PDI Perjuangan NTB ini menyerahkan bantuan beras tersebut secara simbolis di Kantor DPC PDIP Lombok Timur. Beras tersebut diterima Ketua DPC PDIP Lombok Timur Ahmad Sukro dengan didampingi Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lombok Timur dan seluruh Pengurus DPC dan perwakilan PAC.

Rachmat menekankan, telah menjadi komitmen Mbak Puan, Ketua DPR RI perempuan pertama di Indonesia untuk membantu masyarakat, sehingga mereka memiliki sesuatu saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Apalagi, saat Lebaran, biasanya aktivitas masyarakat terhenti sejenak, termasuk kegiatan bekerja untuk mencari rezeki.

Selain di Lombok Timur, pada saat bersamaan, bantuan beras Mbak Puan tersebut kemarin disalurkan di Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Kota Mataram. Sementara untuk Lombok Barat, telah lebih dahulu memulai penyaluran pada Ahad, 24 April 2022. Penyaluran dilakukan pimpinan dan pengurus DPC PDI Perjuangan di tiap daerah.

Di Lombok Barat, penyaluran dilakukan sebanyak 2.000 paket. Sementara di Lombok Tengah dengan 1.000 paket. Jumlah yang setara juga disalurkan di Lombok Utara dan Kota Mataram.

Rachmat mengungkapkan, bantuan beras Mbak Puan tersebut disiapkan dan dikemas di NTB dengan memberdayakan para petani lokal sehingga turut menggerakkan ekonomi para petani. Rachmat mengatakan, mengingat bantuan bertambah menjadi 21.000 paket, pihaknya sampai kewalahan lantaran kantong kemasan beras bergambar Mbak Puan jumlahnya tidak sebanding. Sejumlah paket pun akhirnya tidak menyertakan kemasan yang memiliki gambar Mbak Puan sebagai pembungkus.

Sementara itu, Ahmad Sukro menekankan, segera setelah menerima bantuan beras Mbak Puan tersebut, dirinya menyerahkan langsung kepada para pengurus PAC untuk didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah kecamatan masing-masing.

"Hari ini pula kami langsung mendistribusikan kepada masyarakat di masing-masing kecamatan," kata tokoh muda PDI Perjuangan ini.

Dia mengkatakan, seluruh bantuan beras Mbak Puan tersebut, sudah tersalurkan seluruhnya pada H-2 Lebaran Idul Fitri. Sehingga bantuan beras Mbak Puan ini menjadi bagian dari sukacita masyarakat yang sedang merayakan Hari Kemenangan.

Selain beras kualitas premium sebanyak 5 kilogram, masyarakat penerima bantuan juga mendapatkan bantuan berupa kain sarung, dan sejumlah kebutuhan pokok untuk Hari Raya Idul Fitri seperti sirup, gula, minyak goreng, dan juga kurma. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama