DPMD matangkan persiapan Pilkades di Loteng Agustus mendatang - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 04 April 2022

DPMD matangkan persiapan Pilkades di Loteng Agustus mendatang

DPMD matangkan persiapan Pilkades di Loteng Agustus mendatang

 
DPMD matangkan persiapan Pilkades di Loteng Agustus mendatang

OPSINTB.com - Genderang pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Lombok Tengah sudah ditabuh. Sebanyak 15 desa akan mengikuti kontestasi yang sudah direncanakan akan berlangsung pada 24 Agustus 2022 mendatang.

Saat ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Tengah selaku panitia kabupaten sudah menyelesaikan sosialisasi tahap pertama.

"Kami baru saja selesai tahap sosialisasi Pilkades," kata Kepala DPMD Kabupaten Lombok Tengah, Zainal Mustakim pada opsintb.com, Senin (4/4/2022).

Lanjutnya, sosialisasi dilakukan secara bertahap. Dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa tempat berlangsungnya Pilkades. Adapun tujuannya, kata Zainal, untuk memberikan pemahaman kepada calon panitia supaya pilkades berjalan sesuai rencana.

"Sosialisasinya ke tingkat kabupaten, kecamatan, dan ke desa-desa yang akan menyelenggarakan Pilkades," imbuhnya.

Setelah tahap sosialisasi selesai, kata dia, selanjutnya pada bulan April ini akan dilakukan tahap pembentukan panitia Pilkades dari tanggal 1-15. Diawali dengan surat pemberitahuan dari BPD ke kepala desa mengenai masa akhir jabatannya.

"Baru kemudian dari tanggal 12-15 April pembentukan panitia," jelasnya.

Sedangkan untuk pendaftaran calon akan dimulai pada bulan Juli diikuti dengan penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Untuk anggaran, bersumber dari kabupaten dan desa. Pihak kabupaten menyiapkan anggaran untuk surat suara dan panitia penyelenggara. Kemudian pihak desa menyiapkan anggaran untuk protokol kesehatan selama penyelenggaraan Pilkades.

Zainal berharap masyarakat berpartisipasi dalam berdemokrasi. Tentunya dalam hal berdemokrasi yang sehat.

"Artinya bisa menjaga keamanan, profesional, dan tidak merugikan diri sendiri apalagi calon yang didukung," pungkasnya.

Adapun beberapa nama desa yang akan menyelenggarakan Pilkades pada Agustus mendatang adalah: Desa Ranggagata, Teduh, Batu Jangkih, Montong Ajan, Pandan Indah, Selebung, Presak, Pejanggik. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama